Tiga Perwira Polri Lolos Seleksi Direktur Penyidikan KPK

Gedung KPK
Sumber :
  • vstory

VIVA – Tiga anggota Polri dinyatakan lolos seleksi jabatan Direktur Penyidikan KPK setelah melaksanakan uji kompetensi assesment oleh pihak ketiga.

Ketiganya yakni Brigjen Polisi Setyo Budiyanto yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Wilayah III KPK sekaligus Plt Dirdik KPK; Widyaiswara Muda Sespimti Polri, Kombes Polisi Nazirwan Adji Wibowo; dan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Selatan, Kombes Polisi Didik Agung Widjanarko.

Bos Penyidik KPK Baru Kombes Asep Guntur Punya Harta Rp2 Miliar

"Dari 10 kandidat Dirdik, yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 3 orang yaitu Setyo Budiyanto, Nazirwan Adji Wibowo dan Didik Agung Widjanarko," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada awak media, Selasa, 21 Juli 2020.

Ali mengatakan, tiga orang ini akan menjalani tes kesehatan serta wawancara dan presentasi makalah terkait visi misi pencegahan dan pemberantasan korupsi, pada 23-24 Juli 2020. Ia berharap, peran aktif masyarakat dalam memberikan rekam jejak calon sebagai upaya menemukan pejabat yang berintegritas dan profesional.

"Seluruh tahapan seleksi jabatan struktural ini dilaksanakan dengan tahapan dan cara sebagaimana seleksi jabatan struktural di KPK pada tahun dan periode sebelumnya, yaitu secara paralel dilakukan tes assesment oleh pihak ketiga yang independen kemudian tes kesehatan dan terakhir wawancara dengan pimpinan," ujarnya.

Baca: KPK Terima Laporan Gratifikasi Rp14,6 Miliar Sepanjang Semester I-2020

Dalam waktu bersamaan, KPK juga membuka seleksi untuk jabatan Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda), Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) dan Koordinator Wilayah (Koorwil).

Dari enam kandidat, dua calon dinyatakan lolos ke tahap berikutnya sebagai Direktur Pinda, yakni Riki Arif Gunawan dan Indira Malik.

Sedangkan dari 26 kandidat Direktur Pengaduan Masyarakat, terdapat empat orang yang lolos ke tahapan selanjutnya yaitu Kunto Ariawan, Tessa Mahardhika Sugiarto, Andre Dedy Nainggolan dan Tomi Murtomo. "Dari 64 kandidat Koorwil yang lanjut ke tahapan berikutnya yakni 18 orang," kata Ali.

Ke-18 orang itu yakni Aida Ratna Zulaiha, Budi Waluya, Sugiarto, Dian Patria, dan Asep Rahmat Suwandha. Lalu, Muchamad Soffan Hadi, Agung Yudha Wibowo, Bernard Sibarani, Aminudin, dan Rufriyanto Maulana Yusuf.

Kemudian Bahtiar Ujang Purnomo, Febrianto Nugroho, Prabawa Widi Nugroho, Jefri Silitonga, Turman Sormin Siregar, Kumbul Kuswijayanto Sudjadi, Yudhiawan dan R. Pitra Andrias Ratulangie.

"Untuk Direktur Dumas tes kesehatan 28 Juli 2020 dan wawancara 29 Juli 2020. Sedangkan jadwal wawancara Koorwil 30 Juli 2020 dan 3-4 Agustus 2020," ujarnya. (lis)

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024