Senin, Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta Akan Dibuka Kembali

Wisatawan melihat aktivitas gajah saat liburan di kebun binatang Bali Zoo. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wira Suryantala

VIVA - Kebun binatang Gembira Loka atau Gembira Loka (GL) Zoo akan kembali melayani kunjungan wisata pada Senin, 3 Agustus 2020, mendatang. Selama masa pandemi virus corona atau COVID-19, GL Zoo menutup sementara kunjungan wisata.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Direktur Utama GL Zoo, KMT A. Tirtodiprojo, atau kerap disapa Joko, ini mengatakan bahwa GL Zoo akan kembali dibuka pada Senin mendatang. Meskipun dibuka namun jumlah pengunjung GL Zoo akan dibatasi.

"Tahap awal kami belum menerima rombongan pengunjung yang datang dengan angkutan bus. Kalau rombongan keluarga berjumlah tujuh atau delapan orang saja masih boleh,” ujar Joko.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Pemda DIY Perpanjang Masa Tanggap Darurat Bencana COVID-19

Joko menerangkan di fase awal pembukaan, pengunjung akan dibatasi maksimal 500 orang saja. Kondisi ini disebut Joko agar pembatasan jarak bisa tetap dilakukan.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Kalau jumlah pengunjung masuk sudah mencukupi, kita stop dulu. Kita buka kembali bukan untuk meramaikan kunjungan. Tidak sekadar cari untung, tapi berupaya menghidupkan perekonomian masyarakat," tegas Joko.

Selain itu, protokol kesehatan COVID-19 pun juga diterapkan ketat di GL Zoo. Pengunjung, kata Joko, wajib memakai masker dan dicek suhu tubuhnya.

Joko menambahkan di tahap awal dibukanya kembali GL Zoo, pintu masuk hanya dibuka satu saja yaitu yang berada di Jalan Veteran. Untuk tiket masuk akan dikenai tarif Rp60 ribu per pengunjung. Tarif itu sudah meliputi harga tiket masuk, biaya transportasi keliling dan naik kapal Katamaram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya