Kronologi Mobil Ambulans di Garut Dihalangi saat Bawa Pasien

Ambulance yang sempat dihalangi pengendara di Garut
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

VIVA – Muhammad Fauzi (20), relawan yang mengawal ambulans pembawa pasien dalam kondisi kritis, Jumat 14 Agustus 2020 lalu menceritakan kronologi mobil ambulans dihalangi sebuah mobil yang berada pada jalur sama. Akibatnya laju ambulans terhambat, kedatangan pasien seorang anak usia enam tahun ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut Jawa Barat terlambat. Peristiwa tersebut diunggah Muhammad dalam akun media sosial Facebook pribadinya.

Muhammad bercerita bahwa dia melintas dari Bandung menuju Garut. Saat berada di Leles, dia melihat ambulans yang diketahui membawa pasien dalam kondisi kritis. Agar perjalanan berjalan lancar lalu, Muhammad membantu menjadi pengawal di depan karena kondisi jalur Leles Garut kerap terjadi kepadatan kendaraan.

"Saat itu saya baru pulang dari Bandung, saat di Leles, saya melihat ada ambulans membawa pasien ke RSUD dr Slamet Garut sehingga saya kawal biar lancar," ujarnya, Minggu 16 Agustus 2020.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Baca juga: Viral Mobil Ambulans di Garut Dihalangi hingga Pasien Meninggal Dunia

Semula berjalan lancar, hanya saat melintas di daerah Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi di depan terdapat mobil jenis kijang nomor polisi Z 1404 CT. Bukannya memberikan jalan, sopir mobil tersebut malah tancap gas seperti mau balapan.

"Setelah beberapa kali saya pepet hingga kawasan Tarogong Garut, barulah mobil itu menepi," ungkap Muhammad.

Lanjut Muhammad, akhirnya ambulans tiba di RSUD dr Slamet, dia melihat kondisi pasien pada saat itu masih ada hidup. Beberapa saat pasien ditangani tim medis, namun tak berselang lama pasien meninggal dunia.

"Katanya pasiennya mengalami pecah pembuluh darah, mungkin karena cukup parah dia meninggal dunia,” katanya.

Ketiga jasad korban longsor disemayamkan di rumah duka

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ketiga korban longsor langsung disemayamkan di rumah duka sanak saudaranya. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024