HUT RI ke-75, Megawati Kenang Pengalaman Tinggal 2 Minggu di KRI

Ketua BPIP Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • ANTARA FOTO//Puspa Perwitasari

VIVA – Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, menceritakan pengalaman yang tak terlupakan saat momen Hari Kemerdekaan Indonesia. Megawati menceritakan pengalamannya tinggal di kapal perang selama dua minggu.

Respons Jokowi Disebut Dorong Prabowo Supaya Bertemu Megawati

Baca Juga: Kolonel Gogor, Perwira Paspampres Jadi Komandan Upacara HUT RI ke-75

Mulanya, Megawati mengatakan saat itu tengah terjadi konflik di wilayah Maluku dan sekitarnya. Dia diminta oleh Panglima TNI dan bagian keamanan untuk tetap tinggal di kapal perang dan tak diizinkan turun ke daratan karena alasan keamanan.

Gibran Sebut "Presidential Club" untuk Wadahi Masukan dari Sesepuh dan Mantan Pemimpin

"Akhirnya kami memutuskan, maka saya tinggal di kapal perang. Bayangkan hampir dua minggu saya mempergunakan kapal perang itu sebagai tempat tinggal dan saya sebenarnya praktis tidak mengetahui kapal perang itu seperti apa," kata Megawati dalam Wawancara Eksklusif 75 Tahun Indonesia Merdeka di Youtube Sekretariat Presiden dikutip Senin 17 Agustus 2020.

Megawati mengatakan yang paling terkesan saat dia tinggal di kapal perang adalah tangga kapal yang tak seperti kapal penumpang atau komersial. Sebab, tangga kapal perang tegak lurus sehingga cukup sulit baginya saat itu.

Prabowo Punya Ide Bentuk "Presidential Club" sejak 2014, Kata Petinggi Gerindra

"Jadi bayangkan saya, bukannya membesarkan, tapi saya sebagai perempuan kalau mau naik turun ya saya harus mempergunakan tangga yang tegak lurus itu, alhamdulillah semua berjalan dengan baik," ujarnya mengenang momen tersebut.

Di momen HUT RI tahun ini, Megawati berpesan salah satu prinsip utama dalam kehidupan adalah 'jangan ngoyo'. Menurutnya manusia harus hidup sesuai dengan takdir yang diatur oleh Tuhan. Dia juga berpesan agar generasi muda memiliki keyakinan dan pengharapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya