Usut Penyerangan Polsek Ciracas, TNI-Polri Bentuk Tim Gabungan

Danpuspom) TNI, Mayjen TNI Eddy Rate Muis (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kenny Putra

VIVA – TNI bersama Polri membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan terkait penyerangan Polsek Ciracas dan Polsek Pasar Rebo yang terjadi pada Sabtu dini hari 29 Agustus 2020. Tim gabungan ini pun disebut sudah bergerak melakukan pemeriksaan.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI, Mayjen TNI Eddy Rate Muis mengatakan tim gabungan ini dibentuk dari Polda Metro Jaya dan Polisi militer Kodam Jaya. Kata dia, tim gabungan tersebut sudah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan rekaman CCTV.

"Berkaitan dengan kejadian tersebut, kasus tersebut sedang dalam penyelidikan dan penyidikan oleh tim gabungan Polda Metro Jaya dan polisi militer Kodam Jaya yang menangani. Saat ini sedang bekerja mengusut kasus tersebut," kata Eddy di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu 29 Agustus 2020.

Pelihara Jenggot, Anggota Polres Lombok Tengah Kena Sanksi

Baca Juga: Danpuspom TNI: Prada Ilham Mengalami Kecelakaan Tunggal

Dia meminta agar pihaknya diberikan kesempatan dalam kasus ini. Menurut dia, tim gabungan TNI-Polri sudah memeriksa sekitar sepuluh saksi terkait kasus penyerangan tersebut. 

Bagaimana Orang Rusia Menggunakan Kode untuk Hindari Sensor dan Polisi

Terkait pernyataan Pangdam Jaya bahwa penyerang Polsek Ciracas dan Polsek Pasar Rebo adalah prajurit TNI, ia menjawab diplomatis. Ia hanya bilang saat ini masih dalam penyelidikan oleh tim gabungan. 

"Kita belum bisa menjawab karena tim sedang bekerja, saksi yang terkait sedang di periksa. Biar kan tim gabungan bekerja. Memeriksa CCTV dan saksi," ujar Edy. 

Pun, ia berjanji hasil pemeriksaan tim gabungan nanti akan disampaikan secara transparan kepada semua pihak. Selain itu, Eddy menegaskan semua pihak yang ikut serta dalam proses penyerangan tersebut akan dihukum. 

Sebelumnya, Polsek Ciracas dan Polsek Pasar Rebo, Jakarta Timur jadi sasaran penyerangan oleh kelompok orang tidak dikenal pada Sabtu dini hari, 29 Agustus 2020. Aksi penyerangan secara brutal ini dilakukan oleh sekitar 100 orang yang di antaranya membawa balok kayu untuk merusak.

Massa merusak dengan brutal, bahkan sempat membakar sejumlah kendaraan di Polsek Ciracas. Sebelum ke Polsek Ciracas, kelompok orang ini sempat menyerang Polsek Pasar Rebo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya