Pentingnya Pakai Masker dengan Benar untuk Cegah Penularan Covid-19

Ilustrasi penggunaan masker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi Covid-19 di dunia belum juga usai. Angka yang terjangkit positif virus Corona pun masih tinggi, terutama angka pertambahan kasus positif di Indonesia.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang disiplin pun terus digencarkan oleh semua pihak, mulai dari masyarakat umum, organisasi swasta hingga lembaga pemerintahan. 

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang selalu digencarkan ini mulai dari rajin mencuci tangan dengan sabun dan dibilas menggunakan air mengalir, menjaga jarak, menghindari keramaian hingga selalu menggunakan masker saat harus bepergian keluar.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Namun demikian, nyatanya masih banyak dari kita yang masih mengabaikan protokol kesehatan ini. Salah satunya, yaitu tidak menggunakan masker.

Untuk itu, pemerintah tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk selalu disiplin menggunakan masker melalui Gerakan Nasional Selalu Pakai Masker dalam Pencegahan Covid-19. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Masker saat ini tidak hanya digunakan oleh orang sakit bergejala demam/batuk/bersin atau mereka yang sedang merawat orang sakit, tetapi orang sehat juga diwajibkan memakai masker jika sedang berpergian atau berada di tempat-tempat umum. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19, yang  penyebarannya melalui droplet.

Jenis masker yang mudah diperoleh dan dapat digunakan oleh masyarakat umum adalah masker bedah dan masker kain. Masker bedah adalah masker sekali pakai, tidak dapat dicuci.

Bila Anda menggunakan masker kain, berikut panduan cara menggunakan hingga mencuci masker kain dengan benar.

Bagaimana cara memakai masker yang benar?

  • Pertama, pastikan Anda telah mencuci masker kain setelah dibeli. Cuci bersih tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik sebelum memegang masker.
  • Pegang bagian tali atau karet, ikat di belakang kepala atau kaitkan di telinga. Jika tepi atas sudah menutup pangkal hidung, tarik tepi bawah hingga menutup dagu.
  • Jika tangan sudah menyentuh bermacam benda, hindari menyentuh sisi bagian depan masker karena virus yang menempel di masker akan berpindah ke tangan Anda.

Bagaimana cara melepas masker yang benar?

  • Mulai dengan melepas bagian tali pengikat atau karet telinga tanpa menyentuh permukaan masker.
  • Segera cuci dengan sabun dan keringkan di bawah sinar matahari. Setrika bila memungkinkan. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik setelahnya.

Seberapa sering masker kain harus dicuci?

  • Setiap 4 jam setelah digunakan, harus dicuci. Karena itu, memiliki lebih dari satu masker kain lebih baik.

Selain itu, perlu diingat bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus Corona belum ada obat ataupun vaksinnya sampai dengan saat ini.

Untuk itu sangat penting bagi kita selalu disiplin  mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker demi melindungi diri, keluarga dan orang-orang terdekat di sekitar kita. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya