Jakarta PSBB Total, Terminal Solo Larang Bus Berangkat ke Ibu Kota

Terminal Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta berdampak pada angkutan transportasi umum bus rute Solo-Jakarta maupun sebaliknya. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Bahkan, pengelola Terminal Tirtonadi, Solo, belum mengizinkan pemberangkatan bus jurusan Solo-Jakarta selama pembelakuan kembali PSBB di Jakarta.

"Sejak pemberlakuan PSBB, kami belum satu pun memberangkatkan bus Solo-Jakarta. Kalau bus atau armada bus itu belum memenuhi persyaratan, saya enggak berani memberangkatkan," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto, Kamis, 17 September 2020. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Terminal bus tersebut memberlakukan aturan ketat untuk memberangkatkan bus Solo-Jakarta. Persyaratan itu meliputi bus harus steril, termasuk kru dan penumpangnya harus memiliki surat sehat. Aturan ketat dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran corona selama pandemi COVID-19.

"Kita berusaha mencegah penyebaran corona. Kita berusaha membantu pemerintah. Jadi nanti semisal dari Solo ada yang positif nanti malah menyebar," ujarnya. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca juga: ICW Wanti-wanti Jangan Ada Intervensi Sidang Etik Firli Bahuri

Bukan hanya pemberangkatan armada bus Solo-Jakarta yang terdampak corona. Namun kedatangan jumlah armada bus dari Jakarta-Solo juga turun. 

"Kalau biasanya ada sekitar 20- 30 bus yang datang. Namun semenjak PSBB paling hanya sekitar 5 bus," katanya. (lis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya