Terungkap, Ini Sebab Dokter Umum Lebih Banyak Tertular COVID-19

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional Doni Monardo.
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Banyak dokter yang tertular COVID-19 disebut dari orang tanpa gejala atau dikenal OTG. Menurut Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo, umumnya para dokter itu adalah dokter umum.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

"Kalau kita lihat data yang terakhir, ternyata sekitar 60 persen dokter yang wafat adalah dokter umum. Padahal mereka tidak langsung berhadapan dengan pasien COVID-19," ujar Doni, Senin 12 Oktober 2020.

Doni mengimbau, masyarakat tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan. Hal itu dianggap jurus paling ampuh menekan angka penularan di Tanah Air.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Baca juga: Surati Kapolri, Anggota DPR Sertakan Bukti Kekerasan Polisi ke Pendemo

"Kalau kita sayang dan ingin lindungi dokter, kita harus patuh, disiplin untuk taati protokol kesehatan," kata dia.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Sebelumnya, data dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melaporkan hingga 9 Oktober 2020 tercatat sudah 132 dokter meninggal dunia. Dari jumlah itu, 68 orang di antaranya berstatus dokter umum dengan empat guru besar.

Kemudian, terdapat 62 dokter spesialis yang juga meninggal. Sementara itu, empat di antaranya merupakan guru besar dan dua orang dokter residen atau yang tengah menempuh pendidikan spesialis.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Resmikan Pendidikan Dokter Spesialis, Jokowi: Banyak Keluhan dari Daerah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Berbasis Rumah Sakit Pendidikan Penyelenggara Utama (RSP-PU) di Rumah Sakit Anak dan Bunda (R

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024