Letjen Doni: 27 Warga Positif Corona Klaster Petamburan-Megamendung

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo
Sumber :
  • Instagram/@bnpb_indonesia

VIVA – Data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyebutkan, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang. Ada tujuh orang positif Corona, termasuk lurah Petamburan, pada Kamis, 19 November 2020. 

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Sementara itu, data Jumat sore 20 November 2020, hasil swab antigen untuk klaster Megamendung diperiksa 559 orang, yang positif 20 orang. 

“Laporan lain, terdapat 50 orang positif COVID-19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet,” ujar Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo di Jakarta.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Untuk itu, Doni berharap kerja sama semua komponen masyarakat di berbagai daerah, terutama di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten khususnya para ketua RT dan ketua RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga yang kemarin ikut beraktivitas, mulai dari penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Kemudian, kegiatan Maulid Nabi di Tebet, dan juga di Megamendung, serta acara terakhir di Petamburan, kiranya dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri kepada ketua RT dan ketua RW. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Untuk itu, Doni menganjurkan pemeriksaan di puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini. Jika ada yang positif bisa segera isolasi dan tempat isolasi disiapkan pemerintah.

"Silahkan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke puskesmas, demi memutus mata rantai penularan untuk keselamatan bersama," ujarnya. 

"Hari ini kami telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus di DKI, Banten dan Jabar," tambahnya.

Seperti diketahui, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Baca juga: PA 211: Jika Habib Rizieq Diperiksa, Kerumunan Massa akan Lebih Besar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya