Halangi Satgas untuk Tes Habib Rizieq, 4 Direktur RS UMMI Diperiksa

RS UMMI Bogor, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA / Muhammad AR (Bogor)

VIVA - Polisi mengagendakan pemeriksaan terhadap empat Direktur Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor, Jawa Barat, buntut RS tersebut diduga menghalangi Satuan Tugas COVID-19 saat mau uji swab Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Direktur RS Ummi dilaporkan lantaran tak terbuka dengan Satgas COVID-19 dan pemerintah terkait soal pengambilan uji swab (swab test) Rizieq Shihab yang sempat dirawat di sana.

Maka dari itu, ada dugaan menghalangi atau menghambat penanganan wabah penyakit menular. Pemeriksaan terhadap mereka dilakukan besok, Senin 30 November 2020.

Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran Cantik: Tangan Mbak Terlalu Indah

"Pada hari Senin 30 November 2020 tim penyidik gabungan Ditipidum Bareskrim, Direskrimum Polda Jabar, Satreskrim Polresta Bogor di Mapolresta Bogor dilakukan pemeriksaan saksi-saksi," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono, kepada wartawan, Minggu, 29 November 2020.

Baca juga: RS Ummi Ogah Tanggung Jawab soal Kepulangan Habib Rizieq

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

Selain keempat Direktur RS Ummi yang akan diperiksa pada Senin besok, ada beberapa pihak dari RS yang juga akan diperiksa. Berdasarkan data yang dihimpun, mereka adalah Hanif Alatas dari pihak keluarga, dr. Andi Tatat, Direktur Utama RS UMMI, Najamudin Direktur Umum RS UMMI, dan Sri Pangestu Utama, Direktur Pemasaran RS UMMI.

Kemudian, ada dr. Rubaedah, Direktur Pelayanan RS UMMI, dr. Zacki Faris Maulana Manajer RS UMMI, Fitri Sri Lestari perawat RS UMMI, Rahmi Fahmi Winda Perawat RS UMMI, dr. Hadiki Habib Kordinator Mer-C dan dr. Mea kordinator Mer-C.

Sementara itu, Kapolresta Bogor, Komisaris Besar Polisi Hendri Fiuser menambahkan pemeriksaan juga dilakukan hari ini. Adapun pemeriksaan yang dilakukan hari ini yakni terhadap dr Johan yang merupakan Satgas COVID-19 Kota Bogor.

"dr Johan, Satgas COVD-19 Kota Bogor (diperiksa hari ini)," kata Fiuser.

Sebelumnya diberitakan, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tengah menjalani perawatan dan general check up kesehatan di Rumah Sakit UMMI, Bogor, Jawa Barat. Belum diketahui alasan persisnya kenapa Habib Rizieq mesti dirawat di rumah sakit.

Rumah sakit hanya menyampaikan kalau Imam Besar FPI itu kelelahan dan butuh istirahat total.

Dalam video berdurasi 3 menit 50 detik yang diunggah akun Twitter Front Pembela Islam yang dikutip VIVA, Jumat, 27 November 2020, Habib Rizieq mengabarkan kondisi kesehatannya setelah dilakukan general check up dan hasil pemeriksaan semuanya bagus.

Video tersebut menampakkan Habib Rizieq yang mengenakan jubah putih tengah duduk di kursi melingkar paling ujung sedang dijenguk oleh anak-menantunya di rumah sakit. Dalam caption ditulis bahwa video tersebut diambil pada 26 November 2020, sekira pukul 20.08 WIB.

Sementara itu, Rumah Sakit Ummi Bogor juga telah dilaporkan ke Polresta Bogor Kota oleh Satgas COVID-19 Kota Bogor pada Jumat, 27 November 2020. Karena, Rumah Sakit Ummi diduga menghalangi dalam penanganan wabah penyakit menular.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya