Unggul Versi Hitung Cepat, Eri Cahyadi Dielu-elukan di Markas PSI

Calon Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, tiba di kantor PSI Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA - Sorak puluhan kader Partai Solidaritas (PSI) menyeruak ketika mobil yang ditumpangi calon Wali Kota Surabaya nomor urut satu, Eri Cahyadi, tiba di kantor PSI Surabaya di Jalan Bubutan pada Rabu malam, 9 Desember 2020. Suasana serupa terlihat ketika pasangan Eri, Armuji, datang sekira 20 menit kemudian.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Eri datang ke markas partai beranggotakan mayoritas berusia muda itu untuk menyapa pendukungnya dalam Pemilihan Kepala Daerah Surabaya. Pada momen lima tahunan itu, PSI mendukung jagoan PDIP tersebut.

"Eri, Eri, Eri," teriak kader PSI secara serempak.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Baca juga: Menang di Hitung Cepat Pilkada Surabaya, Eri Cahyadi: Innalillahi

Disambut Plt Ketua PSI Surabaya, Yusuf Lakaseng, dan pengurus lainnya, Eri kemudian menuju lantai dua kantor partai yang kini dipimpin Giring Ganesha itu. Yusuf menyambut Eri dengan sapaan pertama 'Selamat datang Wali Kota Surabaya'.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Begitu pula ketika Armuji datang, ia menyapa Eri dengan panggilan wali kota. Eri meminta para pendukungnya di PSI tidak merayakan kemenangan secara berlebihan.

"Kita jaga agar Kota Surabaya tetap kondusif. Saya berharap tidak ada lagi perpecahan di antara kita. Tidak ada benci di antara kita. Tidak ada lagi permusuhan antara pendukung pasangan calon nomor urut 1 dan 2," ujarnya.

Hal sama disampaikan Armuji. Ia meminta para pendukung tidak mengungkapkan kegembiraan bernada kesombongan.

"Kita tidak perlu terlalu sombong. Tetap saja berjalan seperti biasa. Kita harus bersabar sambil menunggu hasil hitungan yang sesungguhnya dari Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Surabaya," tutur politikus PDIP itu.

Plt Ketua PSI Surabaya Yusuf Lakaseng mengatakan, kemenangan Eri-Armuji merupakan buah dari kerja keras dari para kader pengusung dan pendukung serta relawan.

"Alhamdulillah akhirnya terbayar dengan kemenangan hari ini," katanya.

Kepada Eri dan Armuji, Yusuf mengatakan bahwa PSI berkomitmen untuk mengawal keduanya dalam merealisasikan janji-janji program yang disampaikan kepada warga saat kampanye jika nanti ditakdirkan secara resmi memimpin Kota Surabaya.

"Kami berharap Mas Eri menunaikan janji-janjinya saat kampanye," katanya.

Berbagai lembaga survei hitung cepat mengumumkan Eri Cahyadi-Armuji memenangi Pilkada Surabaya 2020, dengan selisih sekitar 14 hingga 15 persen dari pasangan calon nomor urut 2 Machfud Arifin-Mujiaman, yang diusung koalisi delapan partai politik yaitu PKB, PPP, PAN, PKS, Golkar, Gerindra, Demokrat dan Nasdem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya