Foto dan Video Habib Rizieq Diperiksa Polisi Beredar di Media Sosial

Foto yang memperlihatkan Habib Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pelanggaran protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu, 12 Desember 2020.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Sejumlah foto dan video yang memperlihatkan Habib Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pelanggaran protokol kesehatan pencegahan COVID-19 di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu, 12 Desember 2020, beredar di media sosial.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Foto dan rekaman video pertama menampilkan Rizieq Shihab sedang duduk di kursi berbalut kain putih dengan memegang tongkat. Sebagian wajah Rizieq ditutupi masker berwarna putih. Dia tak sendirian melainkan didampingi sejumlah penasihat hukum.

Salah satu yang mendampingi Habib Rizieq adalah Munarman yang duduk di sebelahnya. Di sekelilingnya pun berdiri sejumlah polisi. Di hadapan Rizieq tampak petugas medis menggunakan alat pelindung diri alias baju hazmat.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Baca: Polda Metro: MRS Takut Ditangkap sehingga Dia Menyerah

Dalam rekaman video terdengar suara Munarman yang mengingatkan polisi terhadap Kode Etik Kedokteran. "Minta supaya karena Habib Rizieq punya dokter pribadi, dan tindakan kesehatan itu adalah prosedur dari orang yang diperiksa. Dan bagaimana pun ada Kode Etik Kedokteran yang harus ditaati," ujar Munarman dalam tayangan video itu.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Foto dan video itu diperkirakan diabadikan oleh seseorang ketika Rizieq menjalani tes usap (swab test) antigen untuk mendeteksi ada atau tidak virus corona di dalam tubuh Rizieq. Sesuai keterangan kepolisian, hasil tes usap menunjukkan Rizieq Shihab negatif COVID-19.

Beredar pula sebuah foto yang memperlihatkan keadaan Habib Rizieq menjalani pemeriksaan di ruang penyidik. Polisi tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Habib Rizieq terlihat duduk berhadap-hadapan dengan penyidik dan masih mengenakan pakaian yang sama seperti sebelumnya. Dia tetap mengenakan masker, duduk berhadap-hadapan dengan seorang penyidik. 

Dalam foto itu, penyidik terlihat menyimak pernyataan yang disampaikan oleh Rizieq dan memasukannya dalam data laporan dengan menggunakan sebuah laptop. Dua penasihat hukum Rizieq, Munarman dan Aziz Yanuar, menemani di belakangnya dan duduk di kursi panjang.

Pemeriksaan Habib Rizieq masih berlangsung hingga berita ini dipublikasikan. Munarman sempat keluar ruangan sejenak untuk memberikan keterangan kepada wartawan. Waktu itu Munarman mengatakan bahwa penyidik baru melontarkan sepuluh pertanyaan kepada Rizieq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya