Cegat Massa 1812 di Depok, Petugas Temukan Peserta Reaktif COVID-19

Aksi Demo 1812
Aksi Demo 1812
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA –  Aparat gabungan TNI-Polri mengamankan sejumlah pria yang diduga akan mengikuti aksi unjuk rasa di Jakarta pada Jumat, 18 Desember 2020. Mereka dihalau saat melintas di kawasan Jalan Raya Bogor, dekat pintu Tol Cijago, Depok, Jawa Barat. 

Beberapa di antaranya terpaksa dibawa tim medis karena terdeteksi reaktif ketika dilakukan rapid test COVID-19. Sedangkan, dua lainnya kedapatan membawa narkoba jenis ganja sintetis. 
        
Kapolres Metro Depok Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah, menuturkan, pihaknya melakukan razia karena adanya aksi dari sekelompok orang yang mengatasnamakan aksi 1812 dan akan melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta.

"Situasi sekarang tidak memungkinkan untuk orang berkerumun di mana kondisi Depok sendiri masih dalam zona merah, Jakarta juga zona merah bahkan hampir hitam di sana," katanya

Dengan demikian, menurut Azis, sangat tidak pas kalau ada aksi-aksi yang mengundang kerumunan. Hal ini bisa mengundang penyebaran COVID-19 menjadi tidak terkendali.

"Guna mengendalikan penyebaran COVID-19 kita melaksanakan operasi kemanusiaan, di mana orang atau masyarakat yang diduga akan ke Jakarta terutama masyarakat yang akan melaksanakan aksi dengan sebutan aksi 1812 akan kita laksanakan rapid test atau swab," tuturnya.

Azis menyebut, pihaknya membagi dua titik lokasi pemeriksaan. Salah satunya di Lenteng Agung sebagai perbatasan Jakarta dekat wilayah Depok.

"Dari Depok yang menuju Jakarta di Lenteng Agung yaitu Depok menuju Jakarta Selatan dan di Bogor Raya yaitu dari jalur Depok menuju Pasar Rebo Ciracas, Jakarta Timur," ujarnya.