Tunjangan PNS Tahun 2021 Naik, Paling Kecil Bergaji Rp9 Juta

Men-PAN RB, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, beri kabar yang menggembirakan bagi aparatur sipil negara (ASN), baik pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri. Pada tahun 2021, tunjangan untuk ASN naik drastis. Tak tanggung-tanggung, nantinya ASN paling rendah dapat gaji minimal Rp9 juta.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Pernyataan itu disampaikan Tjahjo dalam acara peluncuran Wakaf ASN, yang dihadiri oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, dan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh serta Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin.

“Insya Allah tahun ini (naik gaji), tapi karena ada pandemi COVID-19 tunjangan ASN juga kita ingin tingkatkan maksimal. Jadi, pegawai paling rendah ASN itu bisa minimal Rp9-10 juta,” ujar Tjahjo.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Mantan Menteri Dalam Negeri itu juga menjelaskan, kenaikan tunjangan ini tidak diikuti dengan kenaikan gaji pokok para ASN. Sebab saat ini pemerintah fokus pada kenaikan dana pensiun.

Menurut Tjahjo, kenaikan dana pensiun tersebut sudah dihitung oleh pihak Kemenpan RB dengan PT Taspen (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri.

Tunjangan Bawaslu Dituding Bentuk Politisasi pada Pemilu, MK Nyatakan "Dalil yang Mengada-ada"

“Saya kira tugas kami di PANRB dan Menteri Keuangan bahwa memang gaji pokok memang tidak mungkin naik, karena menyangkut pensiun. Kami dengan mitra kami taspen sudah menghitung dengan baik. Ada subsidi pensiun yang akan ditingkatkan,” lanjut Tjahjo. (ren)

Ilustrasi THR.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan total serapan anggaran untuk belanja pegawai telah mencapai Rp 70,7 triliun per 31 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024