Gunung Sinabung Kembali Erupsi Semburkan Abu Vulkanik 700 Meter

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terus menunjukkan aktivitasnya. Hari ini, Senin pagi, 4 Januari 2021, gunung berapi itu, menyemburkan abu vulkanik setinggi 700 meter dari atas puncak gunung tersebut.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

"Gunung Sinabung erupsi tadi pagi, sekitar pukul 08.54 WIB," ungkap Kepala Pos Pantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra kepada wartawan, Senin siang, 4 Januari 2021.

Armen menjelaskan, semburan abu vulkanik dari puncak Gunung Sinabung dari pemantauan berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat dan barat laut. "Erupsi ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 18 mm dan durasi 2 menit 34 detik," tutur Armen.

Dia mengungkapkan, saat ini, Gunung Sinabung masih berada pada status level III atau siaga. Kepada masyarakat, ia mengimbau kepada wisatawan sedang berwisata di Kabupaten Karo untuk selalu waspada.

Dua Desa Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Sinabung Disemprot Water Canon

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," tutur Armen. 

Jika terjadi hujan abu, Armen juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tutur Armen. (art)

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021