11 Turis Sekeluarga Terjebak di Pemandian Batu Jalur Diselamatkan

Ilustrasi/Tim SAR lakukan penyelamatan
Sumber :
  • Basarnas

VIVA – Sebanyak 11 turis lokal terjebak saat air sungai meluap atau di tengah pemandian Batu Jalur, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Senin sore, 11 Januari 2021. Kondisi debit air yang tinggi membuat mereka tidak berani untuk menyeberang.

Aksi Turis Ini Bikin Geleng Kepala, Sewa Motor Malah Tercebur ke Kolam Renang

Tim SAR Medan menerima laporan tersebut lalu turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi 11 wisatawan yang masih satu keluarga. Mereka merupakan warga Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Evakuasi dilakukan hingga Selasa dini hari, 12 Januari 2021.

Awalnya, debit air sungai tersebut normal. Namun, arus sungai itu deras dan kondisi air meluap. Mereka panik dan naik ke atas batu besar yang ada di sana. Tidak ada yang berani mengambil risiko menyeberangi arus yang sangat deras. Keluarga itu menunggu di sana berharap debit air segera turun.

Penampakan Bule Berpakaian Minim di tengah Ceramah UAS di Lombok

“Personel siaga Kantor SAR Medan menerima informasi dari warga setempat sekitar pukul 20.15 WIB,” ucap Humas Kantor SAR Medan, Sariman Sitorus dalam keterangan tertulis, Selasa 12 Januari 2021.

Setelah mendapat informasi itu, Kepala Kantor SAR Medan, Toto Mulyono memerintahkan tim segera berangkat ke lokasi. Tim berangkat membawa perahu LCR dan 1 perahu rafting untuk mengevakuasi korban.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Satu per satu wisatawan itu, berhasil dievakuasi dengan perlengkapan dimiliki tim SAR Medan. Warga ikut membantu dalam penyelamatan itu. Akhirnya, ke-11 wisatawan itu berhasil dievakuasi dengan selamat hingga pukul 03.05 WIB.

“Satu keluarga yang berhasil dievakuasi terdiri dari 7 orang dewasa dan 4 anak-anak. Seluruhnya warga Batang Kuis,” lanjut dia.

Aksi Turis Ini Bikin Geleng Kepala, Sewa Motor Malah Tercebur ke Kolam Renang

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal

Ada beberapa artikel yang menjadi pusat perhatian publik di Indonesia sehingga mendapatkan banyak pembaca untuk kanal Trending VIVA.co.id pada Sabtu, 4 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024