DPR Sebut Nama Calon Kapolri Akan Diketahui Hari Ini

Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengungkapkan, surat presiden (surpres) terkait calon kapolri, pengganti Jenderal Idham Azis akan dikirimkan ke DPR hari ini, Rabu 13 Januari 2021.

5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

"Rencananya siang ini, jam pastinya belum tahu,” kata Sahroni saat dihubungi.

Politikus Partai Nasdem ini menambahkan, dari informasi yang diterimanya, surat presiden soal calon kapolri ini akan diserahkan langsung oleh Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno ke DPR.

Kabar Terbaru Ipda Irfan Urane Anak Buah Irjen Karyoto, Kini Jadi Atasannya Bang Jacklyn

"Yang saya dengar infonya Pak Mensesneg langsung," ujarnya.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR RI, Sarifuddin Suding mengatakan, kepercayaan publik terhadap institusi Polri menjadi salah satu pekerjaan rumah besar kapolri yang baru.

Sosok Jenderal Idham Azis, Eks Kapolri yang Gabung Tim Kampanye Prabowo-Gibran

"Kapolri yang baru harus mampu memberikan public trust sebagai polisi yang promoter dalam pelaksanaan tupoksinya, sehingga tidak memunculkan persepsi sebagai alat politik kekuasaan," kata Suding, kepada wartawan, Selasa 12 Januari 2021.

Selain itu, menurut politikus PAN ini, tugas kapolri yang baru adalah menyelesaikan kasus, dan mengantisipasi kejahatan transnasional yang menjadi ancaman bangsa di masa depan. 

"Baik itu ideologi, narkoba dan juga siber. Karenanya kapolri ke depan harus mampu mengonsolidasikan baik secara institusi, maupun personel untuk melakukan langkah-langkah pengamanan untuk kedaulatan dan keutuhan bangsa," katanya.

Baca juga: Cara Unik Presiden Jokowi Memilih Kapolri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya