Dampak Longsor, Pemasokan Air Bersih dan Listrik Terganggu

Longsor di Kebumen
Sumber :
  • dok BNPB

VIVA – Suplai atau pemasokan air bersih PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dan jaringan listrik PLN setempat di wilayah Batukuning terganggu akibat tanah longsor yang terjadi pada Kamis (11/2) pagi.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Manager PT PLN Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Ahmad Meiledy di Baturaja, Kamis menerangkan, padamnya jaringan PLN di wilayah Batukuning ini dampak tiang listrik ambruk akibat longsor. "Beruntung tidak ada kerusakan lain. Perbaikan hanya pemasangan tiang dan jaringan yang lepas saja," katanya.

Hanya saja, kata dia, dampak dari peristiwa tersebut aliran listrik di lima kecamatan di OKU meliputi sebagian wilayah Baturaja Barat, Batukuning, Pengandonan, Muara jaya, Ulu Ogan dan Semidang Aji padam.

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Direktur PDAM OKU, Abi Kusno melalui Kasi Produksi, Masri secara terpisah menjelaskan terganggunya distribusi air bersih pelanggan ini karena jaringan listrik terganggu akibat longsor.

Gangguan jaringan listrik akibat longsor ini berdampak pada distribusi air bersih pelanggan PDAM di Kelurahan Batukuning menjadi terganggu.

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

"Untuk kerusakan di unit pengolahan tidak ada. Hanya distribusi air bersih saja yang terganggu akibat longsor ini," katanya. Distribusi air bersih pelanggan di Kelurahan Batukuning ini akan kembali normal setelah tiang listrik diperbaiki oleh pihak terkait. (ANT)

Bangunan SDN 4 Kolakasi roboh setelah tertimpa tanah longsor di Kabupaten Kolaka

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Beruntung longsor ini terjadi di luar jam pembelajaran anak-anak sekolah hingga tidak menimbulkan adanya korban. "Kejadiannya ini untung anak sekolah sudah pulang semua."

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024