DPR Beri Saran Kapolri Jenderal Sigit Pilih Kabareskrim

Gedung Bareskrim Mabes Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA – Sampai saat ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, belum juga menunjuk siapa sosok yang akan mengisi posisi Kepala Badan Reserse Kriminal atau Kabareskrim. Sudding mengatakan, sosok Kabareskrim tersebut harus diputuskan dengan baik dan diperlukan kajian mendalam.

Sosok Jenderal Bintang 4 di Tubuh Polri yang Masih Aktif, Kini Jadi Pemimpin Tertinggi

"Saya kira posisi ini kan sangat strategis ya, karenanya perlu kajian pendalaman tentang sosok yang betul-betul bisa bersinergi dengan Kapolri dalam melaksanakan visi-misi Polri yang Presisi atau prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan," kata Sudding saat dikonfirmasi VIVA, Rabu 17 Februari 2021.

Sudding juga mengatakan, terkait belum adanya sosok Kabareskrim sampai saat ini dinilai tidak begitu menjadi masalah besar. Kinerja Polri juga tetap dapat berjalan mengingat saat ini masih ada posisi Wakil Kabareskrim.

Perintah Jenderal Listyo Sigit ke Anak Buahnya: Tingkatkan Patroli pada Jam Rawan Selama Warga Mudik

"Saya kira di institusi kepolisian itu kan ada sistem yang sudah terbangun. Saya kira ada satu sistem yang terbangun dengan baik, dan posisi Kabareskrim kan saya kira hanya mengkoordinasi tentang kinerja para direktur dan saya kira masih ada posisi Wakabareskrim masih bisa menjalankan fungsi kabareskrim," ujar Sudding.

Politikus PAN ini yakin bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit pasti telah memegang nama yang akan dijadikannya sebagai Kabareskrim.

Kapolri Minta Anak Buah Antisipasi Hal Ini Selama Bulan Puasa

Sejauh ini, beberapa yang sudah beredar ada nama Kabaharkam Komjen Agus Adrianto, Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Wahyu Hadiningrat, kemudian ada nama Kapolda Metro Fadil Imran, dan ada juga nama Deputi Penindakan KPK Irjen Karyoto. Ada juga sejumlah nama perwira tinggi bintang dua dan bintang tiga lainnya yang masuk dalam bursa Kabareskrim.

Menurut Sudding, sejumlah nama yang saat ini beredar tersebut semuanya layak menjadi Kabareskrim. Sebab untuk menjadi perwira tinggi di kepolisian tidaklah mudah dan harus melewati sejumlah proses perjalanan karir yang panjang.

"Nama mungkin sudah dikantongi Pak Sigit, semua nama yang muncul mereka sudah melalui jenjang karir yang panjang dari sisi kapasitas integritas tidak diragukam lagi itu," ujarnya.

Baca juga: Kabareskrim Baru Visinya Harus Sama Dengan Kapolri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya