BPBD Sangihe Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Waspada cuaca ekstrem.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Rivo Pudihang meminta masyarakat setempat mewaspadai bencana alam saat cuaca ekstrem.

"Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam di saat cuaca ekstrem seperti ini," kata Rivo Pudihang di Tahuna, Jumat. Kepada seluruh masyarakat diminta agar memperhatikan perubahan cuaca yang begitu cepat dan berdampak pada aktivitas kehidupan, khususnya pelayaran.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan pelayaran agar memerhatikan cuaca, menyiapkan kebutuhan dalam pelayaran dan memberikan informasi serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti BMKG, Kelautan, BPBD, Kepolisian dan TNI di lokasi masing-masing," katanya.

Selain itu, kata dia, bagi pengguna jalan khususnya luar kota agar memperhatikan kondisi kendaraan, mewaspadai wilayah perbukitan yang rawan longsor, jalan yang licin akibat material pasir, kerikil, dan air yang menggenangi jalan. Masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai juga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir.

Dia juga meminta warga agar segera menghubungi pemerintah setempat jika mengalami bencana atau ada potensi bencana. Dalam situasi pandemi COVID-19, dia mengimbau agar warga menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.(ant)

Sekolah Rentan Bencana Capai 57 Persen, Kemendikbud: Waspada!

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Hujan dengan intensitas tinggi turun sejak Kamis 25 April 2024 sore hingga malam yang mengakibatkan empat rumah tertimbun tanah longsor di Kampung Sirnagalih, Garut.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024