Corona Inggris ‎Terdeteksi di Medan, Ini Kata Satgas COVID-19

Warga melintas di dekat mural bergambar tenaga medis dan Virus Corona (foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Satgas COVID-19 Sumatera Utara sudah mendeteksi seorang warga Kota Medan yang terkonfirmasi positif varian corona Inggris B.1.1.7. Monitoring dan pelacakan terus dilakukan untuk menekan penyebaran.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah kepada wartawan di Medan, Selasa 9 Maret 2021. Ia mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan di Jakarta.

"Iya udah ada di Medan, sejak Januari 2021 lalu," ungkap Aris.

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

Baca juga: Program DP 0 Rupiah Dikorupsi, Wagub DKI Minta KPK Usut Tuntas

Aris menjelaskan, varian corona Inggris B.1.1.7 di Kota Medan juga disampaikan dan dilaporkan ke Kementerian Kesehatan dengan mengirimkan sample swab ke Jakarta. Sampel yang dikirim adalah CT Value di bawah 25.

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

"Dia (pasien) enggak dari mana mana, enggak dari luar negeri. Walaupun ini varian Inggris, dia enggak dari Inggris," sebut Aris.

Aris yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut mengatakan pihaknya melakukan tracing atau pelacakan terhadap siapa-siapa, yang kontak erat  terhadap warga yang terinfeksi B.1.1.7

"5 orang keluarganya positif memang tapi dia sendirian yang varian itu (B.1.1.7). Padahal dia enggak ada dari mana mana," tutur Aris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya