Sekda Kota Bandung Positif COVID-19 setelah Lebih Sebulan Divaksin

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna saat menerima vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung

VIVA – Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna dinyatakan positif COVID-19 dan sekarang dirawat intensif di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung. Ema telah disuntik vaksin COVID-19 pada 14 dan 28 Januari 2021.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanegara menjelaskan, Ema dirawat di RSKIA sejak Selasa malam, 9 Maret, dan kondisinya baik. “Mohon doanya saja dari semua, semoga cepat pulih," ujarnya, Rabu.

Ahyani menjelaskan mengenai keadaan Ema yang terinfeksi COVID-19 setelah lebih dari sebulan menerima dosis kedua vaksin. Pertama-tama yang mesti dimengerti, katanya, vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki kekebalan terhadap virus corona. Tapi, “Tidak ada satu vaksin yang menjamin 100 persen [kebal dari infeksi virus corona].”

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Yang dapat memengaruhi seseorang bisa terpapar COVID-19, di antaranya virulensi kuman, kondisi tubuh, dan faktor lingkungan. "Misalnya, virulensi kuman, maksudnya jumlah virus yang masuk dan kekuatan virusnya. Itu kita tidak tahu.”

Kondisi tubuh seseorang berbeda-beda. Kegiatan fisiknya pun memengaruhi kondisi tubuhnya, selain faktor lingkungan dan udara.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ahyani menegaskan, vaksinasi bertujuan untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh termasuk upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19. 

"Jadi, seseorang yang diberi vaksinasi akan memiliki daya tahan untuk menangkal kepada virus itu jauh lebih besar daripada yang tidak divaksin. Sehingga kalau kena, dia gejalanya ringan, tidak jatuh ke yang berat,” ujarnya.

Menteri Kesehatan RI  Budi Gunadi Sadikin

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Penyakit arbovirosis atau infeksi yang disebabkan oleh sekelompok virus yang menyebar ke manusia melalui gigitan serangga, terus mengancam secara global. Termasuk DBD.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024