Kronologi Pilot dan 3 Penumpang Pesawat Susi Air Disandera KKB

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.
Sumber :
  • Aman Hasibuan/VIVA.

VIVA – Pilot maskapai penerbangan Susi Air PK BVY bersama tiga penumpangnya yang sempat disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), di Bandara Kabupaten Puncak, Papua, berhasil kembali ke Timika.

Setelah Serang Gereja, KKB Menuju Sekolah Bikin Guru Ketakutan hingga Lari ke Hutan

Kabid Humas Polda Papua Komisaris Besar Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, dari keterangan pilot bahwa 30 orang KKB wilayah Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak terlihat membawa 2 pucuk senjata laras panjang.

Kamal menjelaskan, pada saat mendarat pesawat Susi Air PK BVY tidak diperbolehkan kembali ke Timika dan ditahan selama 2 jam. Kemudian dinegoisasi oleh salah satu penumpang kemudian bisa kembali ke Timika.

KKB Kembali Berulah, Serang Gereja dan Rampas Barang Jemaat di Pegunungan Bintang

“Selama ditahan pilot sempat ditodong dengan menggunakan senjata oleh KKB. Saat ini kondisi pilot sehat dan tidak mendapatkan penganiayaan serta barang-barang tidak dirampas,” ujar Kamal di Jayapura, Sabtu, 13 Maret 2021.

Lebih lanjut, Kamal menjelaskan, pada pukul 05.40 WIT pesawat Susi Air PK BVY yang dipiloti oleh Ian John Terrence Hellyer take off dari Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika menuju Lapter Wangbe, Kabupaten Puncak, dengan membawa 3 orang penumpang.

Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

“Pukul 06.20 WIT pesawat Susi Air PK BVY landing di Lapter Wangbe Kabupaten Puncak. Kemudian pesawat tersebut tiba-tiba ditahan oleh sekitar 30 orang Kelompok KKB wilayah Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak,” kata Kamal.

Kemudian pukul 08.00 WIT, setelah dilakukan negosiasi oleh salah satu penumpang, akhirnya pilot dan penumpang diperbolehkan take off dari Bandara Lapter Wangbe, Kabupaten Puncak menuju Timika.

“Pukul 08.36 WIT pesawat Susi Air PK BVY pilot Ian John Terrence Hellyer take off dari Lapter Wangbe Kabupaten Puncak menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dengan aman,” ujarnya.

Kamal menambahkan, pukul 09.16 WIT pesawat Susi Air PK BVY pilot Ian John Terrence Hellyer landing di Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya