2 Anggota KKB Pimpinan Yotam Bugiangge dan Kopi Tua Heluka di Yahukimo Papua Berhasil Dilumpuhkan

Sejumlah barang bukti yang diamankan aparat keamanan gabungan TNI-Polri di Yahukimo, Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua Pegunungan – Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 Wilayah Yahukimo berhasil melumpuhkan 2 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) aktif kelompok Kopi Tua Heluka dan kelompok Yotam Bugiangge  di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Kamis (11/4/2024).

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Kaops Damai Cartenz 2024 Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani saat dikofirmasi mengatakan, kelompok kriminal bersenjata yang pertama berhasil dilumpuhkan aparat adalah Afrika Heluka, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka.

Sejumlah barang bukti yang diamankan aparat keamanan gabungan TNI-Polri

Photo :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)
Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

“KKB Aktif Afrika Heluka merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus penembakan anggota Polres Yahukimo atas nama Brigpol Usdar yang menyebabkan korban meninggal dunia pada 29 November 2022. Kedua KKB ini juga  penembakan terhadap anggota Brimob Satgas Preventif Operasi Damai Cartenz 2022 yang menyebabkan 1 personel meninggal dunia dan 1 personel mengalami luka berat pada 30 November 2022,” kata Kombes Pol Faizal.

Ia menyebutkan, anggota KKB yang berhasil ditembak itu juga pelaku penembakan Mako Polres Yahukimo pada 30 Desember 2022, penyerangan Dandim 1715/Yahukimo yang menyebabkan 1 orang anggota TNI meninggal dunia pada 1 Maret 2023 dan penembakan pesawat Trigana Air B737 PK-YSC pada 11 Maret 2023.

Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK, Banyak Luka Tusuk di Tangan hingga Leher

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Dr. Bayu Suseno menerangkan bahwa KKB aktif kedua yang berhasil dilumpuhkan adalah Toni Wetapo alias Toni Giban, anggota KKB aktif kelompok Yahukimo pimpinan Yotam Bugiangge.

“Sedangkan KKB aktif yang kedua bernama Toni Wetapo alias Toni Giban yang termasuk dalam kelompok KKB Yotam Gwijangge. Yang bersangkutan diduga terlibat pembantaian terhadap masyarakat pendulang emas di Kali I pada 16 Oktober 2023 dengan korban masyarakat sipil sebanyak 13 orang meninggal dunia, 1 orang luka-luka dan 2 orang lainnya tidak ditemukan serta terakhir terlibat dalam penembakan Pesawat Wings Air di bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo pada tanggal 17 Februari 2024,” terang Bayu.

Lebih lanjut Bayu menerangkan, adanya penindakan terhadap 2 anggota KKB aktif di kabupaten Yahukimo yakni KKB Afrika Heluka dan Toni Wetapo alias Toni Giban serta pihaknya berhasil mengamankan 6 orang lainnya dari TKP penindakan yang diduga merupakan anggota KKB aktif. Untuk saat ini keenam orang tersebut telah diamankan di posko Operasi Damai Cartenz wilayah Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kami juga mengamankan sejumlah barang bukti di TKP penindakan antara lain 5 buah parang, 1 pucuk senapan angin, 2 buah busur panah, 1 bilah pisau dengan gagang berwarna merah, 1 bilah samurai dengan sarung terbuat dari kayu berwarna merah, 1 bilah pisau dan HP berbagi jenis serta aksesoris lainya yang bermotif Bintang Kejora,” jelas Bayu.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz menegaskan bahwa penindakan tersebut merupakan peringatan keras kepada KKB agar menghentikan tindakan-tindakan gangguan keamanan di Tanah Papua.

"Tindakan Satgas Damai Cartenz ini memberikan pesan yang kuat kepada para pelaku kejahatan dalam hal ini KKB bahwa tindakan mereka tidak akan ditoleransi dan akan dihadapi dengan tindakan hukum yang tegas," tutup Kasatgas Humas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya