Ratusan Pegawai Kantor Imigrasi Medan Disuntik Vaksin COVID-19

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Tato J Hidayawan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan melaksanakan vaksinasi COVID-19 diikuti ratusan pegawai. Hal ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintah Indonesia menjalankan vaksin bagi seluruh rakyat di Tanah Air.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

"Vaksin serentak sudah kita laksanakan, hari ini (kemarin) sampai gelombang dua," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Tato J Hidayawan kepada wartawan di Kantor Imigrasi Medan di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Kamis siang, 18 Maret 2021.

Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan dua gelombang, selama dua hari, 17-18 Maret 2021. Tato menjelaskan, program vaksin dilaksanakan dengan menginstruksikan seluruh pegawai bertugas di Kantor Imigrasi Medan untuk ikut serta dalam vaksin COVID-19. Dengan perincian, 246 pegawai PNS dan 46 Pegawai Pemerintah Non Pengawai Negeri (PPNPN).

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

"Kita bagi dua, jadinya dua gelombang. Tujuan kita, dari program pemerintah ikut melakukan vaksin COVID-19. Untuk menekan penyebaran," kata Tato.

Tato mengatakan, vaksin ini untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada masyarakat. Pelayanan yang bebas COVID-19 dan menerapkan protokol kesehatan bahwa seluruh petugas imigrasi sudah divaksin sehingga tidak ada kekhawatiran lagi.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan serta pemohonan bagi yang mengurus," ujar Tato.

Tato mengakui selama pandemi COVID-19, pelayanan permohonan paspor menurun drastis. Tapi melalui program  'Eazy Passport' dengan pelayanan jemput bola untuk pengajuan dan pengurusan paspor langsung dari pemukiman warga.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan terakhir memberikan pelayanan jemput bola itu, di Kompleks Perumahan Mutiara Residence di Jalan Rumah Sakit Haji, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu, 13 Maret 2021. 

"Satu program kita, Eazy Pasport mendatangi di suatu tempat seperti Mutiara Risendance. Kita datangi mereka dari manajemen dengan mendatangi petugas dan mobile unit," kata Tato.

Melalu program Eazy Pasport, Tato menilai masyarakat tidak perlu repot mendatangi kantor Imigrasi. Pelayanan permohonan paspor dilakukan dengan mudah dan cepat. 

"Proses pengurusan paspor di sana, pembayaran juga di sana oleh PT Pos Indonesia. Bila sudah selesai akan kita kontak untuk segara mengambil paspor yang sudah selesai. Jadi, mereka tidak perlu datang ke kantor," tutur Tato.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya