Tak Diizinkan Masuk, Pengacara Habib Rizieq Cekcok dengan Polisi

Pengamanan ketat sidang Habib Rizieq di PN Jakarta Timur.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Sidang lanjutan perkara kasus kerumunan di Petamburan dan hasil swab test di RS Ummi Bogor, dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab, kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa hari ini, 30 Maret 2021. 

Yusril Cs Bakal Menghadap Prabowo Malam Ini, Lapor Hasil Sengketa Pilpres di MK

Meski diguyur hujan, tapi suasana panas masih terjadi. Sejumlah kuasa hukum Habib Rizieq, sempat terlibat cekcok dengan aparat kepolisian. 

Diketahui, para pengacara Habib Rizieq tersebut seperti Aziz Yanuar, Ichwan Tuankkota, Sugito Atmo Prawiro, dan lainnya. Mereka tiba di PN Jakarta Timur sekitar pukul 08.57 WIB.

Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran Cantik: Tangan Mbak Terlalu Indah

Baca juga: Terduga Teroris Bekasi-Condet Diciduk, Sidang Habib Rizieq Diperketat

Walau sebagai kuasa hukum dan ingin mendampingi kliennya dalam persidangan lanjutan, mereka tidak diperkenankan masuk. Alhasil, para kuasa hukum Habib Rizieq itu mulai berdebat dengan polisi

Habib Bahar Ngaku Pernah Didekati Artis Cantik hingga Diajak Menikah: Dia Mau Jadi Istri Kedua

Polisi bersikukuh tidak mengizinkan mereka ikut masuk dalam ruang persidangan. Mereka hanya diminta untuk perwakilan kuasa hukum saja yang boleh masuk ke dalam.

"Hanya perwakilan saja, hanya perwakilan yang bisa masuk. Enggak bisa semua masuk," ucap polisi kepada tim hukum Habib Rizieq.

Pihak kuasa hukum Habib Rizieq tidak terima dengan perlakuan dari aparat kepolisian tersebut. "Keluar saja semua biar nggak ada lawyer. Biar sidang sama tembok. Keluar, keluar," teriak Aziz Yanuar.

"Anda nggak mau senggolan dengan ini, jangan dekat-dekat dengan saya," balas polisi.

Aziz mengaku tidak mengetahui, mengapa polisi merelarang mereka untuk masuk ke dalam PN Jakarta Timur. Polisi juga tidak menjelaskan alasan melarang Aziz dan rekan-rekannya untuk memasuk area pengadilan.

"Sudah jelas bahwa yang mau sidangnya pak polisi, hakim, sama jaksa. Alasannya nggak tahu mereka nggak mau kita masuk," katanya.

Ia pun geram, karena tidak diperkenankan untuk masuk. Bahkan sampai meminta semua kuasa hukum Habib Rizieq yang sudah ada di dalam PN Jakarta Timur, untuk keluar dan tidak mengikuti persidangan.

"Tidak ada (kuasa hukum), semua kita suruh keluar. Kita keluar, polisi yang dampingi. Kalau seperti ini ceritanya, ini penghinaan terhadap Habib Rizieq, terdakwa, dan kuasa hukum. Hujan-hujanan gini coba," imbuh Aziz.

Habib Rizieq sendiri sudah berada di PN Jakarta Timur untuk menjalani sidang secara offline. Saat ini, proses persidangan juga tengah berlansung.

Kuasa hukum Habib Rizieq pun hanya diwakilkan oleh beberapa orang saja yang masuk. Sementara yang lainnya terpaksa harus pulang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya