Basarnas Cari Seorang Warga Dilaporkan Diterkam Buaya

Seekor buaya muara (Crocodylus porosus) yang baru dievakuasi berada di kebun bintang Kasang Kulim.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hadly V

VIVA – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate Provinsi Maluku Utara menerjunkan personelnya untuk melakukan pencarian seorang warga bernama Yulianus Buda (45 ) yang dilaporkan diterkam buaya di Sungai Taolas Desa Dum-Dum, Halmahera Utara.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah melalui siaran pers di Ternate Selasa  membenarkan pihaknya telah siagakan satu unit rubber boat dan longboat milik masyarakat untuk melaksanakan penyisiran di Sungai Taolas, dari perkiraan LKK menuju hilir sejauh 1,47 km mencari korban.

Pencarian terhadap Yulianus Buda warga Desa Dum-Dum Kecamatan Kao Teluk yang diterkam buaya memasuki hari ke dua pencarian dimulai pukul 08.00 WIT. Tim SAR gabungan melaksanakan briefing operasi SAR hari ke-2, selanjutnya tim SAR gabungan melanjutkan pencarian dengan dibagi menjadi 2 SRU, adapun search area masing-masing SRU.

Sementara SRU 2 Tim Darat melaksanakan penyisiran di sisi kanan dan kiri dari pinggir Sungai Taolas dari perkiraan LKK menuju muara sejauh 1,47 km. Sementara untuk pencarian di hari pertama kemarin sudah dilakukan namun belum bisa maksimal dikarenakan hari yang sudah gelap dan cuaca yang kurang bersahabat. Hujan deras dan arus cukup kuat.

Sebelumnya, pada tanggal 29 Maret 2021 pukul 13.30 WIT, korban berangkat dari rumah menuju ke Sungai Taolas menggunakan perahu kecil dengan maksud untuk mencari kerang, sekitar pukul 14.00 WIT, korban diterkam oleh buaya dan sempat dilihat oleh dua orang warga yang kebetulan berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

Melihat kejadian tersebut kedua saksi langsung melapor kepada kepala desa dan masyarakat setempat, sekitar pukul 14.10 WIT warga Desa Dum-dum langsung melaksanakan pencarian namun tidak menemukan korban, selanjutnya masyarakat melaporkan ke pihak berwajib dan diteruskan ke Basarnas. (ant)

Cari Madu, Warga Rinca Manggarai Barat Digigit Komodo
Basarnas Medan saat melakukan evakuasi turis Perancis di kawasan objek wisata Bukit Sipiso-piso.(dok Basarnas Medan)

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

Tim SAR berhasil menemukan korban berada di tepi Sungai di bawah jurang. Korban mengalami luka-luka dan patah tulang. Sebelumnya korban dikabarkan diganggu OTK.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024