Sempat Hilang, Kapal Penyeberangan Bulukumba-Selayar Selamat

Kapal penyeberangan KMP Bontoharu akhirnya tiba dengan selamat.
Sumber :
  • VIVA/ Irfan.

VIVA - Kapal penyeberangan KMP Bontoharu akhirnya tiba dengan selamat di Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada pukul 00.30 WITA, Sabtu, 3 April 2021.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Sebelumnya, kapal feri yang memuat 200 lebih penumpang itu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, sekitar pukul 09.15 WITA, pada Jumat siang kemarin. Namun, perjalanan yang seharusnya hanya ditempuh dalam waktu 2 jam itu, tetapi hingga sore hari kapal itu belum juga bersandar.

Sore menjelang petang, Basarnas pun telah memperoleh informasi terkait keberadaan kapal, dan kapal Basarnas pun dikerahkan untuk mengecek kondisi dan posisi KMP Bontoharu.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Djunaidi, melaporkan jika KMP Bontoharu telah tiba dengan selamat di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Kapal sudah sampai di Pelabuhan Pamatata, Selayar. Seluruh penumpang selamat. Demikian juga seluruh transportasi di dalam kapal, kondisinya baik," ujarnya melalui keterangannya, Sabtu, 3 Maret 2021.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Baca juga: Cuaca Ekstrem, Kapal Penumpang Bulukumba-Selayar Sempat Tak Terpantau

Djunadi menyebut, KMP Bontoharu kemungkinan besar saat berlayar terhambat cuaca. Apalagi Jumat kemarin, sejak malam hingga siang hari, wilayah Sulawesi Selatan dilanda cuaca ekstrem berupa angin kencang dan hujan yang cukup deras.

Dia mengatakan, KMP Bontoharu terdampar hingga ke timur wilayah Kepulauan Selayar.

"Dan kemungkinan juga ada trouble engine (masalah pada mesin)," tutur Djunaidi sembari menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu operasi kemanusiaan itu.

Dengan kejadian itu, dia mengimbau kepada pemilik kapal agar sebelum berlayar terlebih dahulu melihat kondisi cuaca agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya