Menag Yaqut: Semoga ABK KRI Nanggala 402 Tercatat Sebagai Syuhada

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • YouTube Matakin

VIVA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan doanya terhadap seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402. Mereka didoakan sebagai syuhada dan pejuang bangsa.

Indonesian Hajj Pilgrims to Receive Smart Card from Saudi Arabia

Menurutnya proses pencarian KRI Nanggala-402 ditingkatkan dari fase submiss menjadi subsunk adalah kabar duka, tidak hanya bagi keluarga awak KRI 402 dan TNI, tapi juga duka Indonesia.

"Semoga, mereka semua tercatat sebagai syuhada dan pejuang bangsa. Keluarga mereka senantiasa diberi kesabaran dan ketabahan. Amin," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Minggu, 25 April 2021.

Hardiknas 2024: Menag Yaqut Tegaskan Komitmen Merdeka Belajar untuk Memanusiakan Manusia

Selaku Menteri Agama dan Ketua Umum DPP GP Ansor dirinya menyampaikan simpati yang teramat dalam untuk keluarga awak kapal Nanggala 402 yang hingga kini belum ditemukan.

"Kami juga mendoakan keluarga dari prajurit KRI Nanggala 402 diberikan kesabaran dan ketabahan serta tawakal terhadap apa yang sudah ditakdirkan oleh Allah swt," tutur dia.

Haji Makin Mudah! Menag Yaqut dan Menhaj Tawfiq Bahas Layanan Baru untuk Jemaah Indonesia

TNI menyampaikan proses pencarian KRI Nanggala-402 ditingkatkan dari fase submiss menjadi subsunk. Hal ini berdasarkan bukti-bukti autentik sejak tiga hari terakhir terkait temuan komponen milik KRI Nanggala-402.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, menyampaikan hal ini saat konferensi pers tentang perkembangan pencarian SAR KRI Nanggala di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu kemarin, 24 April 2021.

Bukti otentik yang menguatkan meningkatkan fase tersebut yakni adanya benda warna hitam yang merupakan potongan pelurus torpedo, pembungkus pipa pendingin yang terdapat sebuah tulisan Korea.

“Hal ini karena KRI Nanggala pernah melaksanakan overhaul di Korea Selatan pada tahun 2012,” kata Yudo dalam keterangan resmi tertulis yang disampaikan Dinas Penerangan Angkatan Laut dan dikutip pada Minggu, 25 April 2021.

Selain itu, kata Yudo, sebotol cairan warna oranye yang merupakan pelumas periskop untuk naik turun biasanya dipegang petugas di tempat tersebut.

Menurut dia, benda-benda lain yang memperkuat, yakni ditemukan alas yang biasa dipakai untuk salat ABK dan spoon penahan panas untuk restroom. Kemudian, cairan minyak solar yang terlihat dari patroli udara menyebar meluas pada radius 10 mil.

Baca juga: Jokowi: 53 ABK KRI Nanggala 402 Patriot Terbaik Penjaga Negara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya