Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • Kemenag

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau seluruh umat Islam agar menjaga ketertiban selama masa Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Imbauan kepada seluruh umat Islam di Indonesia, untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama masa Lebaran dan masa liburan," kata Yaqut pada konferensi pers sidang isbat di Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Ia menjelaskan, hal tersebut merupakan wujud tanggung jawab bersama sebagai warga negara Indonesia.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Proses Pemungutan suara pemilu 2024. (foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Menag juga mengatakan bahwa perjuangan politik setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah usai, maka sudah saatnya seluruh umat Islam kembali menuju Fitri dan menjadi pribadi yang jernih.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Perjuangan politik sudah usai, kita doakan agar Indonesia bisa segera mendapatkan kejayaan dan kemajuannya, perjuangan menuju Fitri juga sudah usai, semoga kita semua kembali menjadi pribadi-pribadi yang murni, jernih, tanpa ada dosa satu dengan yang lainnya," ujar dia.

Ia mengutarakan, saling memaafkan adalah tujuan untuk mencapai ridho Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa.

"Karena itu, sejatinya tujuan kita bersama untuk mencapai ridho Allah SWT bersama. Selamat Idul Fitri 1445 Hijriah, saya mewakili pemerintah Indonesia, maafkan kami lahir dan batin," ujarnya.

Umat Islam salat berjemaah Idul Fitri 1440 H di kawasan Jatinegara, Jakarta, Rab

Photo :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

Pemerintah melalui Kemenag telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri 2024 Masehi jatuh pada Rabu (10/4).

Hal tersebut ditentukan berdasarkan ketinggian hilal yang berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai 7 derajat 37,8 menit dan elongasi berkisar antara 8 derajat 23,68 sampai 10 derajat 12,94 menit.

Sedangkan menurut kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura atau MABIMS, angka tersebut telah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau imkanu rukyat dengan tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi sebesar 6,4 derajat.

Sidang isbat digelar Kamis sejak pukul 17.00 WIB sampai ditutup dengan penetapan 1 Syawal/Idul Fitri pada pukul 19.00 WIB. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya