Bersiap Tampung Jemaah, Asrama Haji Bakal Terapkan Prokes

Plt Dirjen Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi saat meninjau Asrama Haji Pondok Gede
Sumber :
  • Kemenag

VIVA – Kementerian Agama terus mempersiapkan fasilitas pemberangkatan jemaah haji Indonesia. Meskipun hingga hari ini Pemerintah Arab Saudi belum kunjung menyampaikan informasi resmi terkait teknis penyelenggaraan ibadah haji 1442 Hijrah / 2021 Masehi.

Kemenag: 47,5 Persen Penerbangan Haji Via Garuda Alami Keterlambatan

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi mengatakan, salah satu persiapan yang dilakukan adalah penyiapan asrama haji.

"Bahwa kami, Kemenag,  khususnya Ditjen PHU (penyelengara haji dan umrah), siap melakukan apapun keputusan yang akan ditetapkan oleh pemerintah hari ini," tutur Khoirizi, saat meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis, 3 Mei 2021.

Hina Indonesia Negara Miskin, Aksi Ayah Ojak Labrak Jemaah Malaysia Dipuji: Untuk Walikota Depok!

Dalam kesempatan itu, dia memastikan puluhan embarkasi haji siap menampung jemaah haji yang akan berangkat tahun ini. Jika Indonesia mendapatkan jatah atau diperbolehkan mengirimkan jemaah ke Arab Saudi.

"Saya pastikan, 13 embarkasi di seluruh Indonesia siap menerima jemaah  haji. Karena protapnya semuanya sama, bila mereka tidak melakukan persiapan, akan ada sanksi," katanya.

Kemenag: Pegawai Non Islam di Parepare Bukan Petugas Haji, tapi Panitia Pemberangkatan Jemaah

Sementara Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Dasrul El Hakim menuturkan, sejumlah mitigasi telah dilakukan untuk mempersiapkan kedatangan calon jemaah haji.

"Kami telah menyiapkan 10 gedung penginapan. Dan satu di antaranya kami siapkan khusus digunakan bagi calon jemaah haji yang terindikasi COVID-19," tuturnya Dasrul.

"Posisinya ada di Gedung A, yang berada pada bagian paling belakangan komplek Asrama Haji Jakarta," katanya.

Ia juga mengungkapkan, untuk memastikan kondisi gedung aman bagi jemaah, pengurus Asrama Haji Pondok Gede juga sudah melakukan penyemprotan desinfektan secara reguler. 

"Kapasitas kamar pun kita sesuaikan dengan ketetapan protokol kesehatan. Yaitu 50 persen. Jadi tiap kamar kita isi dua orang," katanya.

Tak hanya itu,  Asrama Haji Pondok Gede juga sudah dilengkapi fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, serta alat ukur suhu tubuh otomatis di depan gedung. Imbauan untuk menjaga protokol kesehatan juga ada di sekitar gedung seperti Masjid Al-Mabrur Komplek Asrama Haji Pondok Gede.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya