Satgas Nemangkawi Tangkap Neson Murin, Penjual Senpi ke Teroris KKB

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Satgas Nemangkawi berhasil mengamankan Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Puncak Jaya, Papua. Selain senpi, Neson diduga juga menjual amunisinya.

Kembali Berulah, KKB Bakar Bangunan Sekolah Dasar di Intan Jaya Papua

"Yang bersangkutan Neson Murib diduga jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB di Puncak Jaya," kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M. Iqbal Al-Qudusy dalam keterangannya, Selasa, 15 Juni 2021.

Iqbal menjelaskan pelaku Neson diduga sudah melakukan sejumlah transaksi ke kelompok teroris yang menebar teror di Papua tersebut. Transkasi itu terkait penjualan senpi beserta amunisinya yang mencapai miliaran rupiah. "Total yang dikirim dan diterima Rp1.393.100.000," ujar Iqbal.

Terpopuler: SYL Bayar Biduan Pakai Uang Korupsi, Jokowi Down dan Tangerang Banjir

Neson dibekuk saat sedang transit di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Dia diamankan petugas Bandara Mulia Polres Puncak Jaya. Neson saat itu hendak menuju Kabupaten Timika.

Menurut Iqbal, saat ditangkap, Neson kedapatan membawa uang sebanyak Rp370 juta. Dia mengatakan dana tersebut diduga untuk membeli senjata api. 

KKB Serang Polsek Homeyo, Seorang Warga Sipil Tewas Tertembak

Pun, Iqbal menyampaikan, jajaran aparat penegak hukum saat ini masih terus melakukan pendalaman terhadap jaringan penjual senpi dan amunisi tersebut. Salah satu yang digali terkait sumber dana untuk jual beli senpi dan amunisi itu.

"Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktifitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi dari terduga Neson Murib," kata Iqbal.

jenazah dievakuasi aparat di Papua Pegunungan (Ilustrasi)

Jenazah Alexsander Parapak Korban Penembakan KKB Dievakuasi ke Mimika

Personel gabungan TNI-Polri telah mengevakuasi jenazah almarhum Alexsander Parapak yang merupakan korban penembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Pog

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024