Sejumlah Warga Maluku Tengah Terdampak Gempa Bertahan di Pengungsian

Warga Maluku Tengah mengungsi ke hutan pasca gempa bumi M6,1
Sumber :
  • Christ Belseran/tvOne Maluku

VIVA – Pascagempa tektonik magnitudo 6,1 di Teluk Teluti, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, pada Rabu, 16 Juni 2021, sebagian warga yang melakukan evakuasi mandiri masih bertahan di sejumlah titik pengungsian akibat rumah mereka rusak.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Umumnya desa-desa mereka masuk zona merah [penularan COVID-19] dan rumah-rumahnya mengalami kerusakan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Hein M. Far Far, di Ambon, Kamis.

Berdasarkan laporan Satuan Pelaksana BPBD Maluku Tengah, di Desa Haya ada 4 lokasi pengungsian, Desa Tehoru 6 lokasi kumpul, Dusun Mahu 3 lokasi kumpul, Desa Saunolu ada 4 lokasi, dan Desa Japuti 4 lokasi.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Sebagian masyarakat yang evakuasi mandiri, katanya, telah berangsur-angsur kembali ke rumahnya masing-masing, namun masyarakat yang tiggalnya di lokasi zona merah dan rumahnya rusak memilih bertahan di pengungsian.

"Saat ini Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal bersama tim didampingi Kepala Satlak BPBD setempat, Abdulatif Kely, sementara meninjau wilayah tersebut termasuk melihat kondisi warga yang masih bertahan di pengungsian," ujarnya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dia menambahkan, dari peninjauan Bupati bersama tim ini akan dilihat perkembangan penanganan selanjutnya. BPBD telah menyalurkan bantuan tenda, tikar, dan selimut, namun bantuan berupa makanan akan diputuskan setelah peninjauan Bupati. (ant)

Ari Sigit, cucu mantan Presiden Suharto

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Artikel sederet nama perempuan yang pernah menjadi istri cucu Soeharto, Ari Sigit menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Rabu, 24 April 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024