Sibuk Pantau Zona Merah, Jubir Satgas Wiku Adisasmito Positif COVID-19

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengumumkan telah terpapar COVID-19 saat ini. Dia dinyatakan positif setelah melakukan aktivitas padat di sejumlah daerah yang peningkatan kasusnya melonjak atau zona merah.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

"Saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi seperti Kudus dan Bangkalan," ujar Wiku Adisasmito dikutip dari keterangannya, Sabtu, 18 Juni 2021.

Wiku menceritakan, status positif COVID-19 yang dideritanya diketahui setelah melakukan swab antigen pada Jumat kemarin.

Salut! Jemaat Gereja Siapkan Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Pengungsi Banjir di Kudus

"Selanjutnya, untuk mengkonfirmasi hasil swab antigen ini, saya kemudian melakukan swab PCR dan hasilnya saya terima hari ini yaitu positif COVID-19," papar Wiku.

Baca juga: Ganjil Genap dan Pintu Tol Bogor Ditutup, 1.946 Kendaraan Putar Balik

Banjir Demak, Jokowi: Pak Menteri PUPR Sudah Perbaiki Tanggul Jebol

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini kondisi fisiknya dalam keadaan baik-baik saja. Dia pun mengaku sangat optimis bisa segera sembut.

"Ssaya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan," tuturnya.

Wiku mengingatkan, siapa pun dapat tertular COVID-19. Hanya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka kita dapat mencegah diri dari penularan COVID-19.

Dia pun meminta kepada mereka yang memiliki kontak erat dengan dirinya, untuk melakukan tes antigen sebagai upaya testing dan juga tracing.

"Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya