Hari Bhayangkara, 117.478 Orang Serentak Disuntik Vaksin di Jatim

Forkopimda Jatim meninjau vaksinasi di Surabaya dan Sidoarjo.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Kurang lebih 117.478 orang mengikuti vaksinasi di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada Sabtu, 26 Juni 2021. Vaksinasi serentak digelar oleh Kepolisian Daerah Jatim dan Kepolisian Resor jajaran dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 yang puncaknya pada Juli nanti. 

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Di Kota Surabaya, vaksinasi dilaksanakan di halaman Ken Park Kenjeran, sementara di Kabupaten Sidoarjo digelar di GOR Delta Sidoarjo. Di dua lokasi itu, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Timur datang langsung melakukan peninjauan.

Baca juga: Viral Pengemudi Pajero Pukul Sopir Kontainer hingga Pecahkan Kaca

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Datang meninjau di antaranya Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kepala Polda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, dan Kaskoarmada II Laksma TNI David Santoso. Dari Ken Park Kenjeran Forkopimda kemudian mengikuti video conference Presiden RI Joko Widodo bersama 34 Polda se Indonesia. 

Khusus di Jatim, vaksinasi ditarget menyasar kepada 117.478 orang. Untuk di Surabaya saja yang divaksin sebanyak 4.500 orang, sedangkan di GOR Delta Sidoarjo mencapai 2.000 orang. Mereka yang divaksin sudah melalui registrasi dan pengecekan kesehatan sesuai prosedur medis.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta menyebutkan, di wilayah Jawa Timur ada 206 tempat yang dijadikan lokasi vaksinasi, sedangkan untuk vaksinator yang tergabung sebanyak 2.950 orang di seluruh Jatim. Rinciannya dari Polri 1.352 orang, TNI 550 orang, dan Dinkes Jatim 1.048 orang.

"Jawa Timur memiliki 986 puskesmas dan 334 rumah sakit yang tersebar di Jatim, dengan vaksinator sebanyak 10 orang vaksinator di tiap puskesmas dan hingga 30 orang vaksinator di setiap rumah sakit. Dengan modal ini, kami yakin Jawa Timur dapat menyukseskan program pemerintah satu juta vaksin per hari se indonesia," kata Nico. 

Kendati sudah divaksin, ia meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan lelaku 5M. Dengan demikian Jatim segera mencapai target kekebalan komunitas dan ekonomi Jawa Timur cepat bangkit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya