511 Orang di DPR Positif Covid-19

Gedung DPR/MPR RI
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, menyebut, terdapat 511 orang yang terpapar COVID-19 di lingkungan kerja gedung dewan tersebut. Tetapi dari jumlah itu, sudah ada juga yang sembuh.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

"Terakhir, kita anggota ada 29, yang sudah negatif 24. Yang masih (positif COVID-19) 5 ya per kemarin. Semuanya jumlahnya 511, yang sudah negatif 346. Yang masih positif 165," jelas Indra kepada wartawan, Rabu 21 Juli 2021.

Jelas Indra, total 511 yang terpapar di lingkungan dewan tersebut adalah terdiri dari anggota DPR, Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga ahli, petugas kebersihan, Pamdal dan beberapa pekerja penunjang lainnya. Jumlah tersebut yang diketahui adalah mereka yang malakukan pengetesan di laboratorium DPR RI.

MK Tolak Gugatan 01 dan 03, Demokrat: Selanjutnya Pak Prabowo Butuh Penguatan di Parlemen

Baca juga: Meski Berat, Jokowi Jelaskan Alasan Diberlakukannya PPKM Darurat

"Di data kami, mereka-mereka yang melakukan tes di lab-lab di DPR lho, kalau yang di luar kita nggak monitor. Sebenarnya boleh aja tafsirnya bisa lebih besar, sangat mungkin lah," ujarnya.

PDIP Harus Ambil Langkah Taktis jadi Oposisi Prabowo, Jangan Tersandera Hak Angket

Indra mengimbau agar kepada seluruh wakil rakyat yang kini sedang balik ke masing-masing daerah pemilihannya, untuk membatasi aktivitasnya. Salah satu contohnya dengan membatasi agenda pertemuan dengan konstituennya. 

"Berkaitan dengan kegiatan dengan konstituen, pertanggungjawabannya bisa dengan foto, tidak perlu menyerahkan bantuan secara langsung, tapi dengan tenaga ahlinya disampaikan dengan cara tidak langsung oleh anggota," ujar Indra. 

Selain itu, saat ini Kesekretariatan DPR juga sedang fokus melakukan sterilisasi di gedung parlemen. Dinilai saat ini menjadi waktu yang tepat karena di DPR sedang tak banyak kegiatan.

"Kalau di kantor selama reses kita ini sedang terus melakukan sterilisasi di semua ruangan-ruangan. Jadi, kegiatan sekarang kan sedang minimal, ini kesempatan kita melakukan sterilisasi-sterilisasi di ruang kerja dan ruang rapat dan juga paripurna," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya