Mahasiswa Universitas Brawijaya Bikin Body Lotion Anti Covid-19

Body lotion bikinan mahasiswa yang diklaim tangkal Covid-19
Sumber :
  • VIVA/ Lucky Aditya (Malang)

VIVA – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) menciptakan body lotion dan diklaim mampu menangkal COVID-19. Mereka adalah, Indri Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotul Jannah, Kevin, dan Alfain Homis Fadil. 

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Penelitian di bawah bimbingan dosen mereka, Muhammad Fakhri. Asal muasal pembuatan body lotion karena terinspirasi penggunaan handsanitizer yang justru membuat kulit mengering. 

Indri salah satu anggota tim mengatakan, body lotion memiliki manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Tetapi selama ini penggunaan bahan sintetis seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan paraben pada body lotion memiliki efek negatif dalam pemakaian jangka panjang dan terbukti dapat beracun serta bersifat karsinogenik. 

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Untuk mengantisipasi efek samping dari penggunaan body lotion, mereka berinovasi membuat lotion tubuh dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor dan kolagen kulit Ikan Patin. Produk ini pun mereka beri nama MORISTIN alias kepanjangan dari MORInga oleifera dan kulit ikan paTIN.

"Kandungan Daun Kelor seperti apilin, epicatechin dan hesperetin yang memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2),  dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2. Selain itu, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit," kata Indri, Jumat, 23 Juli 2021.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

MORISTIN diklaim merupakan produk perawatan kulit yang aman, sehat dan memberikan perlindungan lebih pada tubuh. Body lotion ini juga tidak menimbulkan efek samping apabila digunakan secara rutin.

"MORISTIN diformulasikan sebagai body lotion antiseptik yang kaya antioksidan, mampu membuat kulit lembab dan sehat, melindungi dari sinar UV serta terhindar dari ancaman bakteri dan virus," ujar Indri. 

Indri menuturkan, MORISTIN hadir dalam tiga varian diantaranya Orange Fresh, Choco Melt, dan Vanilla Sweet yang dikemas dalam dua ukuran yaitu 250 ml dengan harga Rp50 ribu per botol dan 60 ml dengan harga Rp15 ribu per botol. Produk ini pun mereka pasarkan di sejumlah marketplace. 

"Dengan hadirnya produk body lotion MORISTIN ini, diharapkan dapat menarik minat masyarakat. Untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan menjaga diri di masa pandemi. Tanpa perlu khawatir akan efek samping dari penggunaan produk body lotion secara rutin," ujar Indri.

Selain itu, MORISTIN berhasil mendapatkan pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya