6 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Jurusan!

Ilustrasi kuliah.
Sumber :

VIVA – Memilih jurusan kuliah memang sulit. Sebab, jurusan kuliah sering kali menentukan pekerjaan apa yang akan kita geluti di masa depan. Karenanya, banyak siswa yang mencari tahu tips memilih jurusan kuliah sebelum mendaftarkan diri ke jenjang selanjutnya.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Memasuki tahun-tahun akhir sekolah, siswa memang kerap dihadapi oleh situasi sulit ini. Namun, jika dipikirkan secara perlahan dan saksama, sebenarnya memilih jurusan kuliah tidak sesulit yang dibayangkan, lho.

Berikut ini VIVA rangkum sejumlah tips memilih jurusan kuliah bagi siswa yang sedang mengalami masa-masa ‘galau’ karena harus menentukan jurusan terbaik untuknya.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

1. Pahami minat dan bakat 

Daftar jurusan kuliah yang terlalu banyak membuat bingung? Jangan khawatir! Sebelum melihat daftar jurusan di universitas yang menjadi tujuanmu, kamu bisa terlebih dahulu mencari tahu apa minat dan bakat yang kamu miliki.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Dengan demikian, kamu bisa mengerucutkan jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Jadi, ketika kuliah nanti dihadapi oleh berbagai tantangan, kamu bisa dengan mudah melaluinya.

2. Konsultasi dengan orang terdekat

Berkonsultasi dengan orang terdekat, seperti orang tua, kakak, atau anggota keluarga lainnya yang berpengalaman, bisa membantu kamu, lho, dalam menentukan pilihan jurusan. Biasanya, mereka akan memberikan sudut pandang baru yang bisa membantu kamu saat mengambil keputusan.

Jika tidak ada orang terdekat yang bisa diajak berdiskusi terkait pendidikan, tak ada salahnya juga melakukan konsultasi ke tenaga profesional.

3. Cari tahu tentang jurusan kuliah yang sesuai minat

Sudah menemukan minat dan berkonsultasi dengan orang terdekat? Selanjutnya, kamu bisa mulai mencari tahu hal-hal terkait jurusan yang ingin diambil saat mendaftar nanti. Saat melakukan riset, kamu bisa mencari tahu tentang mata kuliahnya hingga prospek alumninya.

4. Ketahui kemampuan diri sendiri

Nilai-nilai yang kamu dapatkan di sekolah juga bisa dijadikan pertimbangan lain ketika memilih jurusan kuliah. Di sini, kamu bisa melihat nilai mata pelajaran mana yang paling baik. Apabila mata pelajaran tersebut sudah sesuai dengan minat, maka kamu bisa mempertimbangkan jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran itu.

Namun, perlu diingat untuk tidak terpaku dengan nilai mata pelajaran saja, ya! Bisa jadi mata pelajaran yang mendapatkan nilai bagus ternyata tidak sesuai dengan tujuan kamu ke depannya.

5. Pahami keuntungan dan konsekuensinya

Selain menentukan jurusan yang sesuai dengan minat, kamu tentunya harus memahami juga keuntungan sekaligus konsekuensinya. Jangan sampai, jurusan yang kamu pilih ternyata berisiko menghambat pertumbuhan karier kamu di masa depan.

Namun, perlu diingat juga bahwa karier di masa depan tidak hanya ditentukan oleh jurusan yang ditekuni. Pasalnya, banyak faktor lain yang bisa memengaruhinya. Jadi, untuk mempertimbangkannya, kamu bisa mencoba menuliskan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan.

6. Hindari mengikuti pilihan teman

Tips memilih jurusan kuliah yang terakhir adalah dengan menghindari memilih jurusan tertentu hanya karena teman kamu memilih jurusan yang sama. Pasalnya, perilaku seperti ini hanya akan membuat kamu kesulitan saat menempuh pendidikan nantinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya