Malioboro Yogyakarta Jadi Kawasan Wajib Vaksinasi dan Masker

Suasana Malioboro, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Pemerintah Kota Yogyakarta akan menerapkan aturan kawasan Malioboro sebagai kawasan wajib masker dan wajib vaksinasi. Nantinya wisatawan yang akan ke Malioboro wajib memakai masker dan telah divaksin.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyudi mengatakan, kawasan wajib vaksin ini menjadi bagian dari kampanye percepatan vaksinasi. Kampanye ini dinamai 'Jogja Merdeka Vaksin'.

"Kami ingin di tempat publik tempat masyarakat berkumpul seperti stasiun juga Malioboro seluruh warga yang beraktivitas di dalamnya sudah divaksin COVID-19," kata Haryadi.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

"Jadi masuk Malioboro dan stasiun juga tempat publik nanti wajib dua hal itu masker dan vaksin," sambung Haryadi.

Haryadi menerangkan, untuk mengecek pemakaian masker di Malioboro, Pemkot Yogyakarta akan menempatkan petugas. Nantinya petugas berhak menegur wisatawan yang tidak memakai masker.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baca juga: Hadapi Pandemi, Bisnis Rumahan dan UKM Harus Cepat Lakukan Ini

Sementara untuk pengecekan wisatawan yang sudah divaksin atau belum akan dilakukan secara acak. Akan ada petugas yang menanyakan acak kartu vaksinasi dari wisatawan.

"Jika ada pengunjung (wisatawan) belum divaksin akan diarahkan vaksinasi terlebih dahulu. Bisa di Stasiun Tugu, kantor kecamatan maupun fasilitas kesehatan terdekat," ungkap Haryadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya