Jelang HUT ke-76 RI, Ribuan Bunga Sirih Merah Ditanam di Malino

Ribuan bunga sirih merah ditanam di kawasan wisata Malino, Gowa, Sulsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irfan (Makassar)

VIVA – Pemerintah Kecamatan Tinggimoncong melakukan penanaman ribuan batang bunga jenis sirih merah yang dipusatkan di Ibu Kota Kecamatan Tinggimoncong, Kota Malino, Kabupaten Gowa.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi, mengatakan penanaman ribuan pohon bunga ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di Kecamatan Tinggimoncong.

"Dari perencanaan 1.708 batang namun ternyata melebihi target. Yang ditanam lebih dari 2000 batang. Penanaman ini dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-76 RI, kita memperindah Malino dengan melakukan penanaman sirih merah di pusat ibukota kecamatan," ujarnya, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

Iis mengaku sengaja memilih bunga sirih merah karena sangat mudah untuk perawatannya dan dinilai sangat cocok dengan suasana alam hijau di Malino.

"Karena sirih merah juga menjadi salah satu jenis tanaman yang dapat memperindah kawasan wisata Malino. Sirih merah juga kita lihat menjadi salah satu tanaman yang dipilih di area kawasan Bunga Indah Malino yang menjadi daerah penghasil bunga krisan milik Ibu Mufidah Jusuf Kalla," ujarnya.

Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, Jokowi Harap Ada Hotel di IKN Rampung Sebelum HUT RI

Selain melakukan penanaman bunga sirih merah, juga dilakukan pemupukan pohon Spathodea yang merupakan salah satu tanaman bersejarah di Malino. Pohon ini adalah salah satu tanaman yang ditanam pada zaman Belanda dan masih ada hingga sekarang.

"Selain fokus di Ibu Kota Kecamatan, setelah ini akan dilanjutkan di masing-masing wilayah untuk memperindah kelurahan/lingkungan/dusun masing-masing," kata Iis.

Kegiatan itu melibatkan sejumlah pihak, mulai Muspika/Tripka, Secata, Rutan Malino, Pemerintah Kelurahan beserta perangkat perangkat hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan organisasi kemasyarakatan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya