23 Anggota Paskibraka Langkat Positif COVID-19, Upacara Tetap Digelar

Latihan Paskibraka 2020.
Sumber :
  • istimewa.

VIVA – Pemerintah Kabupaten Langkat tetap menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia di Kantor Bupati Langkat, Selasa, 17 Agustus 2021 meski 23 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) terkonfirmasi positif COVID-19.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Langkat Syaiful Abdi menjelaskan, upacara hari kemerdekaan tetap dilaksanakan di kantor Bupati Langkat karena tidak semua Paskibraka terpapar COVID-19.

Syaiful mengungkapkan, Paskibraka yang akan terlibat dalam upacara tersebut berjumlah 58 orang. Sedangkan, yang hasil swab PCR dinyatakan negatif terdapat 35 orang.

425 Pelari Bertarung Jadi Tercepat di Bukit Lawang Orangutan Trail 2024

"Mereka diisolasi (23 orang) dan 35 tetap ikut dalam formasi pengibar bendera. Sementara yang 23 (orang) itu tidak mempengaruhi yang 35 tersebut. Besok tetap upacara," ucap Syaiful kepada wartawan, Senin, 16 Agustus 2021.

Syaiful mengungkapkan, kondisi anggota Paskibraka yang positif COVID-19 dalam keadaan baik. Tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk dan pilek.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

"Mungkin mereka OTG, mereka juga akan mengikuti upacara tapi secara virtual zoom," kata Syaiful.

Syaiful menduga ke 23 anggota Paskibraka itu kurang cukup istirahat usai menjalani serangkaian latihan yang padat.

"Padahal seleksi mereka itu sangat ketat dengan protokol kesehatan. Mungkin karena mereka capek dan kurang istirahat," kata Syaiful.

Hal senada disampaikan Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Langkat, dr Zulkifli Azhar. Ia mengatakan anggota Paskibraka yang dilibatkan sudah dinyatakan negatif COVID-19.

"Kabarnya jadi (Upacara), tapi 23 anggota positif COVID-19 tidak ikut serta," kata Zulkifli saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 16 Agustus 2021 sore.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya