Puan Tegaskan Gotong Royong Kunci RI Keluar dari Pandemi COVID-19

Ketua DPR, Puan Maharani.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR Puan Maharani mengajak seluruh elemen bangsa agar menerapkan prinsip gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19 di setiap lini. Sekecil apapun bentuknya, kata Puan, pasti akan sangat membantu.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

“Dengan kita semua menerapkan gotong royong dalam lingkungan kita masing-masing, mulai dari yang kecil-kecil. Ketika kita kumpulkan akan menjadi sebuah gotong royong berskala besar, yang insya Allah dapat membantu usaha bersama kita untuk membawa Indonesia keluar dari pandemi,” kata Puan dalam acara di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) secara virtual, Senin, 23 Agustus 2021.

Puan pun memuji partisipasi generasi muda, termasuk dari kalangan mahasiswa, yang turut bergotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19. Gotong royong itu mulai berbagi informasi lewat media sosial sampai membantu langsung masyarakat terdampak.

Mahasiswa Indonesia Juara Olimpiade Sains di Kazakhstan

“Saya melihat di beberapa kampus para mahasiswa sudah sangat kreatif memanfaatkan medsos untuk memicu gotong royong di almamaternya masing-masing dalam menghadapi pandemi COVID-19,” kata dia lagi.

Puan menilai gotong-royong yang mengakar kuat dalam diri pada mahasiswa ini adalah cerminan dari masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pengungsi Gaza Ucapkan Terima Kasih pada Mahasiswa AS yang Memprotes Serangan Israel

“Mulai dari sharing informasi tentang donor plasma konvalesen, tentang lokasi vaksin, informasi ketersediaan obat, ketersediaan rumah sakit, isi tabung oksigen, bantuan isolasi mandiri, termasuk membantu para pedagang kantin di kampus masing-masing yang sedang tidak bisa berdagang,” ujarnya.

Baca juga: Berselisih dengan Luhut, Puan Minta Kematian COVID-19 Jadi Acuan PPKM

Mantan Menko PMK ini menegaskan, DPR dan pemerintah juga akan terus bergotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19. Puan menyebut, DPR dan pemerintah bergandengan tangan untuk mengambil keputusan-keputusan penting yang diperlukan Indonesia saat pandemi.

“Contohnya, berbagai anggaran yang telah dialokasikan negara untuk bantuan-bantuan sosial dan insentif-insentif bagi masyarakat untuk menghadapi pandemi COVID-19. Itu adalah hasil dari pembahasan DPR RI bersama pemerintah,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya