6 Agama yang Diakui di Indonesia, Populasi Agama Islam Mencapai 87,2%

Ilustrasi Keanekaragaman Kepercayaan pada Tuhan (sumber: pixabay.com)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Agama yang diakui di Indonesia ada enam, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Indonesia merupakan salah satu negara demokratis dengan agama mayoritas adalah agama Islam. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku dan kepercayaan. Agama yang diakui di Indonesia ada enam dan memiliki perbedaan serta ciri khas masing-masing.

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Dilansir dari Pasal 28E ayat (1) UUD 1945, negara menjamin kebebasan beragama untuk semua orang menurut keyakinannya sendiri. Setiap masyarakat Indonesia harus memiliki sikap toleransi dan saling menghormati guna menjaga kerukunan seluruh umat beragama.

Keyakinan seseorang terhadap Tuhan juga dikatakan dalam sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Setiap orang Indonesia diwajibkan untuk memilih salah satu agama sesuai kepercayaannya. Karena hal ini juga akan dimasukkan ke dalam data pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, atau dokumen lainnya.

TikToker Galih Loss Ditangkap Polisi Buntut Pelecehan Agama Islam

Lalu, Apa Saja Agama yang Diakui di Indonesia?

Agama Islam

Digosipkan Mualaf, Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya Secara Gratis

Mesjid Baitur Rachman, Aceh

Photo :
  • www.unesco.or.id

Islam adalah agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat di Indonesia. Penganut agama Islam di Indonesia saat ini mencapai 207 juta orang. Apabila dipersenkan, maka keseluruhan penduduk Muslim yang ada di Indonesia sekitar 87,2%.

Kitab suci umat Islam adalah Al Quran dan untuk tempat ibadahnya adalah masjid. Seluruh umat Islam biasanya merayakan hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad, Isra’ Miraj, dan Tahun Baru Hijriah.

Agama Kristen Protestan

Gereja Brompton Oratory di Inggris

Photo :
  • Londonist

Agama Kristen Protestan merupakan sebuah denominasi yang muncul sejak protes Marthin Luther pada tahun 1517. Penganut agama Kristen Protestan merupakan penganut agama kedua terbanyak di Indonesia dengan total populasi sebanyak 16.5 juta jiwa atau jika dipersenkan mencapai 6,9%.

Umat Kristen Protestan memiliki Alkitab sebagai kita suci mereka dan mereka melakukan ibadah di gereja. Umat Kristiani memiliki hari-hari besar seperti Natal dan Paskah.

Agama Katolik

Gereja Santa Odilia Citra Raya, Panongan, Tangerang.

Photo :
  • VIVA/ Sherly.

Agama Kristen Katolik di Indonesia muncul ketika bangsa Portugis mendatangi pulau Maluku, dan orang Maluku yang pertama kali menganut agama Katolik di Indonesia. Agama Katolik merupakan agama ketiga terbanyak dengan jumlah pemeluk mencapai 6,9 juta orang atau jika dipersenkan mencapai 2,9%.

Katolik memiliki memiliki Alkitab sebagai kitab suci mereka. Agama Katolik memiliki gereja sebagai tempat beribadahnya. Selain itu, agama Katolik juga memiliki hari-hari besar dalam keagamannya seperti Hari Natal, Kenaikan Isa Almasih, Hari Jumat Agung, dan Hari Paskah.

Pura Besakih, Bali.

Photo :
  • U-Report

Agama Hindu memiliki sejarah yang cukup panjang apabila dibandingkan dengan agama lain di Indonesia. Bali merupakan daerah dengan penganut agama Hindu terbesar di Tanah Air. Jumlah pemeluk agama Hindu mencapai 4 juta orang dan jika dipersenkan mencapai 1,7%.

Pemeluk agama Hindu memiliki kitab suci yang bernama Veda / Weda. Mereka juga memiliki tempat ibadah yang bernama Pura. Agama Hindu biasa merayakan hari-hari besar seperti Nyepi, Pagerwesi, dan Saraswati.

Agama Buddha

Vihara Dhanagun

Photo :
  • vstory

Buddha adalah agama tertua yang ada di dunia dan juga di Indonesia. Agama Buddha berasal dari India dan berkembang cukup baik di wilayah Asia. Jumlah penganut agama Buddha di Indonesia mencapai 1.7 juta jiwa dan bila dipersenkan mencapai 0.7%.

Agama Buddha juga memiliki kitab suci yang bernama Tripitaka. Mereka memiliki tempat ibadah yang bernama Vihara. Sama halnya dengan agama lain, Buddha juga memiliki hari-hari besar seperti Waisak, Kathina, dan Asadha.

Agama Konghucu

Klenteng Tertua di Surabaya.

Photo :
  • U-Report

Agama terakhir yang diakui di Indonesia adalah Konghucu. Agama Konghucu berasal dari orang-orang Tionghoa yang merantau ke Indonesia. Sampai saat ini, penganut agama Konghucu di Indonesia mencapai 135 ribu orang atau sekitar 0,05%.

Umat Konghucu memiliki kitab suci yang bernama Si Shu Wu Ching. Mereka juga memiliki tempat untuk beribadah yaitu Li Tang atau Klenteng dan mereka memiliki hari-hari besar seperti Cap Go Meh dan Tahun Baru Imlek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya