TNI: Tidak Ada Penembakan ke Helikopter Caracal di Kiwirok

VIVA Militer: Komandan Korem 1721/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan
Sumber :
  • Korem 1721/PWY

VIVA – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan menegaskan bahwa tidak ada penembakan ke arah helikopter Caracal milik TNI AU saat mengevakuasi tenaga kesehatan yang terluka akibat dianiaya oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

"Saya sudah cek ternyata pilot tidak mendengar bunyi tembakan, dan di badan pesawat juga tidak bekas tembakan," kata Izak Pangemanan, sebagaimana dilansir dari ANTARA, Jumat. 

Hingga kini, katanya, tidak ada laporan tentang insiden itu.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Memang, setelah mengantar nakes yang terluka dari Kiwirok ke lapangan Markas Kodam XVII Cenderawasih, helikopter langsung balik base Sentani dengan alasan masalah mesin sehingga harus dilakukan pengecekan. 

"Kami sempat menunggu di Makodam Cenderawasih namun ternyata helikopter tidak terbang kembali ke Kiwirok, padahal jenazah Gabriela Meilan sudah siap dievakuasi ke Jayapura, " kata Izak seraya menambahkan, evakuasi dijadwalkan dilanjutkan Sabtu. 

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Saat mengevakuasi jenazah Gabriela Meilan dari dasar jurang sedalam 300 meter, KKB sempat menembaki aparat keamanan namun dibalas sehingga terjadi baku tembak, meski tidak ada korban.

Sembilan tenaga kesehatan yang dievakuasi, antara lain Lukas Luji, Marthinus Deni Setya, Siti Khotijah, Dr.Restu Pamanggi, Marselinus Ola Atanila, Patra, Emanuel Abi, Katrianti Tandila, dan Kristina Sampe Tonapa serta Pratu Ansar prajurit TNI Yonif 403/WP. (ant)

VIVA Militer: Prajurit Puspenerbal TNI AL gelar latihan terbang malam

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Latihan terbang malam menggunakan Helikopter Bell 412

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024