Capai Herd Immunity Sekolah, SMK IBG Vaksinasi Siswa dan Prokes 5 M

Vaksinasi di SMK Informatika Bina Generasi Tiga (IBG), Bogor
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Sekolah swasta di wilayah algomerasi Kabupaten Bogor mulai melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Berbagai persiapan pun dilakukan seperti para siswa mengikuti vaksinasi dan menerapkan aturan Protokol Kesehatan 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi. 

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Salah satunya upaya yang dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Informatika Bina Generasi Tiga (IBG) yang berlokasi Jalan Kapten Yusuf, Gang Merpati, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Vaksinasi dilakukan untuk mewujudkan herd immunity di lingkungan sekolah. 

“Kami mengajak siswa untuk bersama mewujudkan herd immunity, terutama herd immunity di lingkungan sekolah. Siswa yang belum mengikuti vaksinasi bisa mengikutinya agar semua siswa bisa mengikuti PTM dengan aman,” kata Kepala SMK IBG Tri Lestari diwawancarai VIVA, Senin 27 September 2021.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Tri mengatakan, program vaksinasi bersama Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, Puskesmas Sirnagalih, para siswa mendapatkan dosis vaksin jenis Fpizer. Vaksinasi yang dilakukan pekan ini menargetkan 1.300 siswa.

Lanjut Tri menjelaskan, sekolah ini sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka sejak dua pekan terakhir. Siswa yang mengikuti PTM sebagian sudah mengikuti vaksinasi di lokasi tempat tinggal mereka. Dalam pelaksanaan PTM sekolah menerapkan aturan tetap mematuhi prokes 5 M yang ketat.

WHO Peringatkan Ancaman Wabah Penyakit yang Serang Anak-anak di 2024

“Sekolahnya pun tetap menerapkan protokol kesehatan selama PTM. Mengunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan siswa diimbau membawa hand sanitizer. Satu kelas hanya diisi 50 persen atau 18 murid dengan durasi 4 jam per hari," jelas Tri.

Tri mengajak agar masyarakat khususnya, para orang tua agar mengajak putra putrinya selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker dan cuci tangan. Dengan vaksinasi dan protokol kesehatan, diharapkan herd immunity bisa tercapai agar kegiatan belajar mengakar berjalan dengan lancar. 

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya