Polri Beri Penjelasan Red Notice Jozeph Paul Zhang Belum Keluar

Jozeph Paul Zhang.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Mabes Polri, Irjen Johni Asadoma menjelaskan alasan red notice tersangka kasus penodaan agama, Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono belum juga diterbitkan oleh NCB Interpol.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

"Paul Zhang, sampai sekarang red notice-nya masih belum keluar," kata Johni di Mabes Polri pada Selasa, 28 September 2021.

Menurut dia, ada beberapa persyaratan yang masih harus dilengkapi supaya NCB Interpol mengeluarkan red notice untuk tersangka Paul Zhang. Sebab, kata dia, mereka tentu memiliki standar-standar yang harus dipenuhi agar red notice bisa keluar.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

"Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Jadi kan red notice itu tidak kita ajukan ke Interpol Secretary General di Lyon langsung dikeluarkan. Mereka punya standar-standar yang harus dipenuhi, baru mereka akan keluarkan," ujarnya.

Namun, Johni tidak bisa menjelaskan secara detail standar apa yang harus dipenuhi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) supaya NCB Interpol mau mengeluarkan red notice terhadap Paul Zhang. “Ya itu konsumsi penyidik lah,” jelas dia.

Jozeph Paul Zhang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penodaan agama karena mengaku nabi ke-26 saat menggelar zoom meeting berdiskusi dengan rekannya terkait ‘Puasa Lalim Islam’, dan diunggah ke akun Youtube Joseph Paul Zhang pada Kamis, 15 April 2021.

Atas perbuatannya, Paul Zhang dipersangkakan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE dan Pasal 156a KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. Kini, Paul Zhang masih diburu kepolisian yang diduga berada di luar negeri.

Selesai Periksa Eks Gubernur Babel Terkait Kasus Pemalsuan, Bareskrim Sita Dokumen BSB Ini
As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Rekrutmen Bintara dari kelompok disabilitas merupakan yang pertama kali dilakukan Polri pada tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024