Cara GP Ansor Bantu Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi

Apel Kebangsaan Banser NU.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA - Gerakan Pemuda Ansor turut melakukan usaha pemulihan ekonomi di masyarakat akibat pandemi COVID-19. Dengan bekerja sama dengan beberapa BUMN, salah satunya BNI 46, mereka menggelar pelatihan pendampingan UMKM.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

"Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan kader Ansor dan mengembangkan potensi UMKM yang sudah berjalan di Ansor," kata Wasekjen Bidang Ekonomi PP GP Ansor, Addin Jauharudin, Kamis, 7 Oktober 2021.

Addin menuturkan dalam situasi pandemi seperti ini, semua pihak harus lebih kreatif dan innovatif dalam menjalankan pemulihan ekonomi, khususnya di sektor usaha kecil menengah. Dia menilai kolaborasi antara Ansor dan BNI ini tentu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kapasitas usaha baik dari sisi pemberdayaan manusia, akses pembiayaan, akses pasar, teknologi, maupun jaringan UMKM.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Addin berharap UMKM Ansor bisa naik kelas, lebih berdaya, adaptif, dan mampu menyerap tenaga kerja di lingkungannya. Selain itu, lanjut dia, semangat membangkitkan ekonomi Ansor ini tidak terlepas dari cita-cita para pendiri NU yaitu semangat membangkitkan Nahdlatut Tujar.

"Jihad ekonomi ini menjadi penting dalam rangka memperkuat peran organisasi dan keummatan," kata dia.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Baca juga: Genjot Kinerja Bisnis Agen46 BNI Gandeng GP Ansor dan PT Pos

Addin juga berharap kader-kader Ansor di DKI Jakarta dengan segala potensi yang dimiliki, mampu bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Dia mengungkapkan usaha-usaha yang dilakukan kader Ansor DKI Jakarta seperti percetakan, kuliner, bisnis online, sektor informal dan kerajinan tangan mampu menembus pasar domestik yang lebih luas maupun pasar nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya