Situasi di Bandara Bilogai Kembali Kondusif, Ribuan Warga Mengungsi

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Situasi Kamtibmas di Kabupaten Intan Jaya, Papua berangsur kondusif usai adanya gangguan keamanan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

TNI-Polri Berhasil Tangkap Anggota KKB Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, menyatakan ribuan warga pascakejadian pembakaran yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di area Bandara Bilogai Kabupaten Intan Jaya. 

“Masyarakat yang mengamankan diri di Polsek Sugapa maupun Koramil, serta beberapa gereja sudah mulai kembali ke rumah maupun kiosnya masing-masing, untuk mengambil perlengkapan dengan pengawasan personil gabungan TNI-Polri yang ketat, untuk selanjutnya kembali mengamankan diri di Polsek Sugapa dan Koramil serta beberapa Gereja,” ujar Kamal, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Baku Tembak, TNI-Polri Berhasil Adang KKB yang Hendak Serang Polsek dan Koramil

Menurut Kamal, masyarakat mengungsi di beberapa tempat di antaranya di Polsek Sugapa, sekitar 160 jiwa, Koramil Sugapa sebanyak 20 orang, Gereja ST Misael ada 2.405 jiwa, Gereja Katholik Agapa sekitar 3.000 jiwa, Gereja GKII Anthokia ada 124 jiwa dan Gereja Katholik Baitapa ada 150 jiwa. 

“Jadi total keseluruhan masyarakat yang mengungsi akibat gangguan Kamtibmas yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berjumlah 5.859 jiwa,” kata Kamal.

Anggota Bawaslu di Intan Jaya Ngaku Disandera oleh KKB, Dipalak Rp150 Juta

Lanjut dia, sejumlah personil gabungan TNI-Polri masih menduduki area Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya guna melakukan pengamanan dan pembersihan. 

Hal ini dilakukan agar aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan normal kembali sehingga masyarakat dapat beraktivitas guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Hingga saat ini situasi di wilayah Sugapa masih aman kondusif dan tidak terdapat aksi gangguan keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),” ujar Kamal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya