Bobol Mesin ATM di Markas TNI, Pelaku Ternyata Pakai Tongsis

Kondisi ATM di salah satu minimarket di Kota Bekasi yang dibobol maling. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Antara

VIVA - Aksi pembobolan mesin ATM di kawasan Kodiklat TNI, Jalan Sumbawa, Bandung, Jawa Barat, sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial. Aksi itu ternyata dilakukan pelaku inisial S dan AR pada 22 Oktober 2021 dengan menggunakan tongkat narsis atau tongsis dan belajar dari Youtube.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Cuma Tiga Menit

Kapolsek Sumur Bandung, Kompol Deny Rahmanto, menjelaskan pelaku dapat menggasak uang dari mesin ATM dalam waktu tiga menit dengan tongsis yang sudah dimodifikasi.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Modus operandi yang dilakukan dengan mengganjal transaksi yang ada pada ATM mengeluarkan uang oleh tersangka dijepit menggunakan tongsis yang sudah dimodifikasi," ujar Deny di Bandung, Kamis, 4 November 2021.

Mesin ATM disegel Police Line (Ilustrasi)

Photo :
  • Istimewa
Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Uang Tunai Rp2,5 Juta

Menurutnya, dalam kasus tersebut terdapat barang bukti uang tunai Rp2,5 juta. Dari pengakuannya, aksi tersebut dilakukan di tempat lain yaitu di daerah Lembang dengan hasil dua juta.

Akibat perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). "Bisa dibilang para pelaku bernyali besar melakukan di markas TNI," katanya.

Sebelumnya, aksi pencurian uang dalam mesin ATM Bank BRI di Bandung viral di media sosial. Aksi pencurian yang dilakukan seorang pria itu, terjadi di kawasan masjid Kodiklat TNI jalan Sumbawa Kota Bandung.

ilustrasi pembobolan

Photo :

Diunggah di Media Sosial

Aksi pelaku yang ditangkap aparat setempat ini, diabadikan dalam media sosial Tiktok @pirlo0292. Di akun tersebut, si pelaku tampak sedang mereka ulang adegan aksinya menggasak uang dengan seperangkat perkakas.

"Kawan-kawan, ini terjadi di kawasan Kodiklat dekat masjid, ATM BRI jalan Sumbawa," ujar dalam akun tersebut, Selasa, 26 Oktober 2021.

Dalam video itu pun, si pelaku dengan jelas memperagakan cara mencuri uang mulai dari memasukan kartu ATM hingga menahan bagian mesin yang mengeluarkan uang dengan perkakas panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya