Segera Rampung, Ini Fasilitas Mewah Stadion JIS di Sunter

Perkembangan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • ANTARA Abdu Faisal

VIVA – Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) terus dikebut Pemprov DKI Jakarta. Pembangunan JIS diprediksi rampung dalam beberapa bulan ke depan. Pada pekan ke-111, progres pembangunan JIS sudah mencapai 76,52 persen.

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan, progres pembangunan JIS masih on schedule sesuai rencana. Soft launching JIS, sambungnya, akan dilakukan pada 10 Desember 2021. Sementara itu, grand launching atau peresmian JIS dijadwalkan Maret 2022 mendatang.

“Minggu ke-111 sudah mencapai 76,52 persen. Akhir bulan ini sudah mencapai 80 persen, mungkin seluruh fasadnya sudah tertutup,” ucapnya, Jumat (22/10/2021). Nantinya, JIS akan dilengkapi dengan dua lapangan latih berstandar FIFA yang berada tak jauh dari stadion utama.

Heru Budi Pastikan Pelayanan Publik Tetap Berjalan Optimal Usai Cuti Lebaran

Fasilitas Berstandar Internasional

Stadion yang terletak di Sunter, Jakarta Utara ini berstandar internasional, JIS didesain PDW Architects sebagai stadion modern yang mengacu pada standar FIFA dan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk sebagai venue konser.

Pemprov DKI Tiadakan CFD Besok karena Masih Cuti Lebaran

Selain itu, stadion utama dan dua lapangan latih akan menggunakan rumput jenis hybrid atau perpaduan antara rumput sintetis dan alami. Komposisinya, 5 persen adalah rumput sintetis asal Italia berjenis Limonta dan 95 persennya merupakan rumput alami varietas Zoysia Matrella yang didatangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah.

Dibandingkan lapangan dengan 100 persen rumput alami, rumput jenis hybrid ini lebih tahan lama dan bisa digunakan hingga 1.000 jam pertandingan.

Jenis rumput yang sama juga digunakan sejumlah negara yang memiliki stadion berstandar FIFA, seperti Singapura, Inggris, dan Spanyol. Tak hanya itu, JIS juga akan dilengkapi area retail yang bisa digunakan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Apa lagi fasilitas yang tersedia di stadion JIS?

1. Sound System Canggih

JIS akan dilengkapi dengan sound system canggih mendukung untuk menggelar konser-konser besar. Hal ini seperti dijelaskan Widi bahwa spesifikasi stadion JIS sangat mendukung konser besar.

2. Atap Stadion Buka Tutup

Stadion JIS juga akan dilengkapi dengan retractable roof atau atap yang bisa dibuka tutup. Spesifikasi ini mendukung suara saat konser sehingga bisa terdengar maksimal.

“Atap kita tutup, jadi suaranya sangat bagus, beda dengan yang di GBK, karena kita pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan," kata Widi.

Bahkan Widi menyampaikan Boy Band besar asal Korea Selatan BTS juga tertarik untuk menggelar konser di JIS. "Respon mereka (BTS) ya tertarik pastinya ke Indonesia, dan tidak hanya BTS. Jadi nanti kita akan bikin event setiap bulan. Ini kan tertutup, jadi suaranya jauh lebih bagus dari sound system yang kita buat beda," imbuhnya.

3. Kapasitas 82.000 Penonton

Jakarta International Stadium dirancang dengan kapasitas 82.000 penonton dan bertipe stadion sepakbola modern. Dibangun tanpa lintasan atletik, JIS akan memiliki tribun tiga tingkat yaitu lower tribun, middle tribun dan upper tribun yang dirancang agar tetap dekat dengan lapangan.

4. Terintegrasi dengan Transportasi Publik

Akses para pengunjung untuk sampai ke stadion JIS juga dibuat lebih mudah. Karena JIS didesain agar terintegrasi dengan transportasi publik. Jadi, untuk Anda yang ingin menonton konser atau laga pertandingan di JIS bisa menggunakan fasilitas transportasi publik.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov DKI menyiapkan layanan bus Transjakarta rute Stasiun Senen-Jakarta International Stadium (JIS) yang akan masuk koridor 14.

“Jadi dia melintas dari Stasiun Senen kemudian Jl Letjen Suprapto, kemudian dari Letjen Suprapto belok kiri jalur nanti masuk Jl Benyamin Sueb lalu masuk ke HBR Motik dan langsung ke JIS," kata Syafrin, Selasa (19/10/2021).

5. Fasilitas VIP dan Luas Lahan 22,1 Hektar

JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi atau 22,1 hektar. Area JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf di atas lahannya, yakni paduan rumput organik dan rumput sintetis.

JIS juga dirancang dengan fasilitas 200 tempat duduk khusus difabel, fasilitas sky-viewing deck di ketinggian 70 meter, dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, ruang ganti mewah, dan area yang akan dibangun fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.

6. Green Building Level Platinum

Jakarta International Stadium menjadi gedung ramah lingkungan dengan sertifikasi dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Dengan begitu, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang mengusung sustainabilityatau konsep keberlanjutan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, ada enam faktor yang menjadi parameter penilaian Greenship Level Platinum, yaitu Appropriate Site Development (ASD), Energy Efficiency and Conservation, Water Conservation, Material Resources and Cycyle, Indoor Health and Comfort, serta Building Environment Management.

Adapun tujuan Green Buliding secara umum untuk mengurangi dampak negatif terhadap kesehatan manusia yang menempati suatu bangunan.

Selain itu, JIS juga menggunakan energi baru terbarukan lewat solar panel sebesar 5,1% dari daya listrik yang dibutuhkan gedung. Ruang dan taman stadion JIS juga mengunakan lampu LED yang lebih hemat energi. Sementara itu, lapangan JIS menggunakan sport lighting khusus untuk kebutuhan siaran.

Untuk diketahui juga, desain bangunan utama JIS menggunakan filosofi ikat kepala khas Betawi dengan bagian depan lubang-lubang kecil mengambil filosofi gigi balang, ornamen khas Betawi. Lubang tersebut juga akan bisa dijumpai di akses pedestrian sisi barat dan timur JIS, serta plafon di sejumlah ruangan.

Lubang-lubang kecil ini, di samping estetik, juga mendukung sirkulasi udara ke dalam bangunan stadion. Dengan demikian, lubang dengan filosofi gigi balang ini membantu mengurangi kebutuhan pemakaian AC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya